Tantangan Baru

Terhitung sejak bulan Oktober nanti, saya akan memulai sebuah tantangan baru ditempat saya bekerja. Sebuah tantangan baru yang sebelumnya tidak pernah saya perhitungkan dan prediksikan, ketika saya pindah dari Balikpapan ke Jakarta. Sebuah tantangan yang saya harap akan memberikan sebuah wawasan, cara pandang, dan kemampuan yang baru untuk perkembangan diri saya sendiri.

Yupe, tantangan itu adalah Marketing.

Mengapa? Karena per Oktober nanti, saya akan lebih banyak mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan marketing. Benar-benar sebuah hal yang baru bagi saya, dimana saya tidak pernah terlibat didalam-nya secara aktif.

Tantangan ini secara tidak langsung mengharuskan saya untuk keluar dari comfort zone yang selama ini saya ‘diami’. Sebuah keputusan yang tidak mudah memang untuk saya ambil.

Walaupun terkesan berat dan menuntut extra-effort untuk melakukan-nya, but I’m willing to do it. Karena saya percaya, bahwa ini adalah sebuah lompatan besar dalam karir saya selama ini. Terlebih saya mendapatkan kesempatan untuk menempuh tantangan ini di organisasi/perusahaan ditempat saya bekerja sekarang ini.

Saya dituntut untuk lebih aktif dalam membina komunikasi dan kerjasama, tidak hanya dengan tim internal ditempat saya bekerja dan juga pihak eksternal (pelanggan, komunitas, media massa, relasi bisnis, bahkan mungkin kompetitor) namun juga saya dituntut untuk lebih kreatif dan pro-aktif menggali kemampuan diri saya yang mungkin selama ini duduk manis tanpa pernah saya perhatikan.

Mungkin hal yang terakhir adalah yang tersulit. Karena apa saja kemampuan/talenta yang saya miliki, hanya saya yang tahu dengan persis. Dan berkompromi dengan diri sendiri adalah hal yang tidak mudah.

Banyak hal yang sudah menunggu saya untuk diselesaikan, mulai dari peralihan pekerjaan saya yang sekarang ke rekan yang selanjutnya akan meneruskan pekerjaan saya sebelumnya, mempersiapkan dan membekali diri dengan training-training yang erat kaitan-nya dengan marketing, belajar untuk lebih tekun dalam meng-analisa data, dll. Dan yang paling penting, saya harus segera belajar dan beradaptasi untuk melihat segala sesuatu-nya dari perspektif yang lebih luas, tidak hanya dari segi teknis semata.

Apapun itu, saya akan berjuang dan melakukan yang terbaik yang saya bisa dalam menghadapi dan melalui semua tantangan ini. Dan semoga saya bisa sukses dalam tantangan ini, I will do whatever it takes to be success in this new role. Saya mohon dukungan dan support dari rekan-rekan sekalian dalam masa transisi saya ini dan juga di waktu-waktu yang akan datang dalam usaha saya untuk bisa melalui segala rintangan yang saya hadapi dalam menempuh tantangan baru ini.

Sekedar berbagi saja, per Oktober nanti saya akan lebih banyak mengerjakan hal-hal yang kalau ditempat saya bekerja, disebut sebagai Information Worker, yaitu:

Microsoft Office Project

Microsoft Office Project Server

Microsoft Office Project Portfolio Server

Microsoft Office Visio

Microsoft Office SharePoint Server

Microsoft Office Performance Point

Dan juga hal-hal yang bersifat solusi untuk kalangan korporasi, seperti:

Microsoft Enterprise Project Management (EPM)

Microsoft Enterprise Content Management (ECM)

Microsoft Business Intelligence (BI)

Demikian. Wish me luck on this new journey of mine ya.

20 Comments Add yours

  1. Harri says:

    selamat atas promosinya pak

    Like

  2. Bobby Primasta says:

    Boss, hehehehe.. walaupun gue gag kenal banyak dengan bos ladung ene, but what’ve you done is great for sharing to others, g percaya bos, walaupun u pindah job desk asal u nya ngerasa bakal bisa dan percaya u bisa ngerjain nya dengan kerja keras, dan hasil nya gue yakini u pasti bisaaa.. semangatttt.hhehe gud luck boss hev a great success thenn….

    Like

  3. Sony says:

    Wah ini baru namanya berita :).. naga-naga-nya sih cocok dengan kepribadian lo deh dung:).

    Like

  4. Roza says:

    Gud job!
    Jd ngiri deh, benernya pingin jg banting setir dari IT, kapan yah aku seperti kamu?
    Sudah kuruindukan pindah haluan ini, tp ternyata dirimu dpt kesempatan lebih dulu…success yah!

    GBU

    Like

  5. vera says:

    Yakiiiinnn hanya ada 1 tantangan di bulan oktoberrr??? 😛 yang satunyah lagi gak diceritain di siniii?? hihhiii

    Like

  6. rahmat says:

    Saya dukung dech Mas Ladung, karena dengan demikian relasi anda dan pengetahuan anda tentang public yg berkaitan dg produk Ms akan lebih di pahami, saya dulu juga mengawalinya dari Marketing kok mas. Saya juga menulis buku TIK untuk SMA awalnya saya harus datang ke 10 penerbit agar buku buku saya di terbitkan alhamdullilah puncaknya 1-2 tahun lalu dimana 5000 siswa diseluruh Indonesia memakai buku saya. Walaupun tdk semua penerbit mau menerbitkan karena dianggap terlalu mendalam pembahasannya walau sesuai kuirkulum Tapi karena kurikulum dan kebijakan DEPDIKNAS berganti akhirnya tahun ini tdk seperti 1-2 tahun lalu. Bolak balik ke Jkt pun acaranya Microsoft saya disponsori oleh penerbit sampai laptop Acer 4520 pun dibelikan oleh penerbit yg sebelumnya cma pakai desktop dan memori 4 GB pun dibelikan oleh Microsoft karena saya harus sebar luaskan wss-id.org ke Surabaya, alhamdullilah saya bisa mendongkrak hingga 2000 -2500 orang join di website ini, sekarang saya lagi bantu isitri memasarkan cattering dan usaha kantin alhamdullilah lumayan lah, walau kita bermuka tembok tapi ketahui mas orang orang penting di Ms itu ber awal dari seorang Marketing spt Pak Arikun dan Tonny chen yg dulu di ORACLE. Pokoknya klo bang Ladung saya percaya 100% berhasil dech, doa dan usaha. Klo mau nanti kita coba kerjasama mas kebetulan di surabaya sekretariatan wss-id.org sdh ada kita buat spt conter buku buku yg diterbitkan teman teman saya coba bantu pasarkan.

    Like

  7. ronald says:

    wah selamat ya pak ladung.
    btw ini yang posisi pak hermawan sekarang ya?

    Like

  8. kuplux merah says:

    congratulation bro..
    sering2 belajar sama ciyul :))

    Like

  9. Yuliana Tan says:

    Om..
    Selamat ya…
    Kamu pasti bisa… :D~
    Makan-makan Om… selamat gitu loh… okay? hie hie…

    Like

  10. sita says:

    aje gile … naik pangkat nih 🙂 slamet ya, jualan gampang kok. modalnya pasang senyum (dan di foto) … kalo gak senyum, customer bakal lari… apa lagi dengan badan loe yang guede itu 🙂

    Like

  11. reza says:

    bakal satu tim sama mas hermawan dong ya

    Like

  12. Admin says:

    @ Harri: terima kasih Pak, tapi bukan promosi lah.
    @ Bobby: thanks Bobby. sukses juga ya di Brunei. take care disana.
    @ Sony: amin. semoga benar demikian bro.
    @ Roza: waktu yang akan menentukan Mba. sabar aja, pasti ada jalan.
    @ Vera: duh, Bu Dokter ini ya. gosip apa lagi rupa-nya.
    @ Rahmat: wah, mungkin saya beruntung saja Pak. thanks ya.
    @ Ronald: thanks ya. wah, belum pantas lah saya untuk posisi itu.
    @ Andri: thanks bro. yupe, ini terus consult dengan nCi Yul
    @ Yuliana: nCi, thanks ya. makan-makan, hmm .. hayu aja ..
    @ Sita: *gubrak* jendral kali naik pangkat. thanks ya Mba.
    @ Reza: ya kira-kira demikian deh.

    Like

  13. Andri says:

    Congrats…
    tenang aja mas, selama punya kharisma dan jaringan luas, marketting tuh hal yang mudah. yang sulit adalah mempertahankan reputasi dan kehandalan.

    Like

  14. Gw gak bisa ngomong apa2 lagi bro, krn emang dari dulu gw udah liat potensi itu ada ama loe, cuma loe aja yg gak pernah sadar dan sebagai saudara dalam satu profesi I would to say :
    Congratulation & welcome to the Club!
    All the best to you & God will always Bless You!
    NB : yg berharap loe handle Batam are juga! 🙂

    Like

  15. Zulkarnain says:

    Pak Ladung,

    Selamat Ya.
    Walapun saya baru mengenal anda, saya yakin, anda pasti bisa.
    Semoga sukses selalu.

    Salam
    Zul

    Like

  16. habird says:

    Congrat mas Ladung, meskipun engga begitu mengenal anda, tapi saya sering membaca ide2 anda di beberapa milist.

    Btw, klo ada lowongan info2 gw ya…

    Like

  17. Aprizon says:

    wow.. mantabs….
    congrat pak ladung… walaupun telat tapi lebih baik telat dari pada nggak sama sekali ..hehhhee…

    aku yakin pak ladung pasti bisa… karena aku punya keyakinan, kl kita yakin kita bisa, pasti bisa.. so semangat pak dan maju terus…

    Like

  18. rozy says:

    pertama salam kenal dulu pak dari tetangga seberang
    kerjaan baru berarti gaji juga baru donk pak :p

    Like

  19. Adrianto says:

    Selamat bekerja dan penyesuaian di tempat kerja yg baru bung…Enjoy aja dan Salam Kenal ya bung…..

    Like

  20. Salam Kenal Pak Ladung dari sesama komunitas IT, walaupun saya baru baca Blognya…Makasih udah mau sharing ke sesama Komunitas IT..sukses selalu Pak Ladung…

    Like

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.