19 Kesalahan Fotografer

Saat ini mungkin kamu sedang mencari referensi mengenai bagaimana mengelola kegiatan fotografi sebagai sebuah usaha atau bisnis. Sama seperti ketika di awal memulai fotografi sebagai profesi, saya harus sangat telaten mencari referensi mengenai bisnis fotografi, khususnya yang berasal dari Indonesia atau yang sesuai dengan segmentasi pasar fotografi di Indonesia.

Tidak mudah memang mencari referensi tersebut, karena masih sedikit sekali yang berkenan untuk sharing tentang faktor apa saja yang penting untuk diperhatikan oleh setiap orang yang akan memulai bisnis fotografi.

Bisnis fotografi yang saya maksud disini bukan menjual perlengkapan dan pernak-pernik fotografi ya, melainkan benar-benar menafkahi hidup dari fotografi sebagai sebuah profesi dan tidak hanya selewatnya atau sesempatnya saja.

Menekuni sesuatu secara serius itu memang tidak mudah, apapun itu. Dibutuhkan tidak hanya waktu, kondisi fisik yang prima, dana yang cukup dan juga referensi, serta kesempatan.

Dan sesuai saran dari beberapa kawan, sebaiknya membuat VLOG untuk hal tersebut, maka topik tentang “19 Kesalahan Fotografer” itu akan saya sampaikan melalui kanal YouTube.

Pada VLOG berikut ini saya berusaha untuk menjelaskan dengan singkat dan sepadat mungkin serta tidak bertele-tele tentang beberapa kesalahan yang kerap kali dilakukan oleh fotografer; tidak terkecuali saya.

Kenapa 19? Kenapa tidak 5 saja, atau 20 atau 50 atau 100? Ya karena saya tahunya hanya 19 itu yang paling utama. Buat kamu yang punya pendapat, informasi dan referensi tambahan, silahkan komentarnya ya.

Ayo mampir ke kanal YouTube saya disini, dan buat kalian yang suka dengan VLOG saya, silahkan like dan subscribe juga ya supaya tidak ketinggalan VLOG saya selanjutnya.

Dan kalau kalian punya pertanyaan, saran dan kritik, silahkan disampaikan melalui BLOG ini, atau bisa juga komentar pada VLOG saya.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.