Fotografi Komputasional Bareng Mark Levoy

Kira-kira pada awal bulan lalu saya mendapatkan pertanyaan dari salah seorang follower saya di Instagram yang ingin belajar tentang teknis fotografi.

Sebenarnya cukup dengan modal pulsa/paket data internet, maka maka kita sudah bisa mendapatkan ribuan atau bahkan jutaan konten tentang teknis fotografi di Mbah Google. Mulai dari teknis paling dasar hingga teknis paling rumit ala fotografer kenamaan (pada bagian akhir blog ini saya sertakan beberapa tautan YouTube yang mungkin bermanfaat). Sehingga saat ini, agak lucu bila merasa sulit mendapatkan informasi tentang teknis fotografi.

Dan kemarin, kawan itu menghubungi saya kembali dan mengatakan bahwa dia merasa belum sreg tentang penjelasan yang terdapat pada tautan-tautan tersebut. Dia merasa masih butuh informasi yang lebih “dalam” lagi tentang teknis fotografi.

Alhasil, saya menyarankan dia untuk menyimak penjelasan tentang fotografi digital yang diampu oleh Marc Levoy. Menurut saya, bagi mereka yang butuh informasi lanjut tentang teknis fotografi bahkan tentang fotografi komputasional, maka bisa belajar banyak dari Marc.

Marc Levoy, adalah seorang insinyur yang berada di belakang beberapa inovasi tentang fotografi digital, khusus di Google ketika dia sebagai Principal Engineer pada tim Google Research, yang sekaligus merupakan Profesor Emeritus di Computer Science Department di Universitas Stanford.

Diantara banyak inovasi yang dia hasilkan salah satunya adalah keberhasilan dia dan timnya dalam mengembangkan ponsel pintar Google Pixel, khususnya pada fitur foto dan video.

Marc bersama dengan rekan-rekan kerjanya di Google juga sukses mengembangkan HDR+, yang dapat meningkatkan dynamic range  dan mengurangi noise pada sebuah foto HDR.

Dan setelah berkarir hampir 6 tahun di Google dan segala pencapaipannya, Marc saat ini bergabung ke Adobe sebagai Vice President and Fellow.

Agaknya kepindahan Marc ke Adobe itu akan memperkuat lini bisnis Adobe khususnya dalam pemanfaatan teknologi Kecerdasan Buatan/Artificial Intelligence dan Machine Learning yang belakangan sudah diterapkan pada produk-produk terbaru Adobe; misalnya Adobe Photoshop 2020 dengan fitur Select Object yang sudah lebih baik dari versi sebelumnya (oiya, saya sudah mencoba fitur tersebut, dan memang luar biasa hasilnya).

Buat kamu yang heavily depend pada aplikasi seperti Adobe Photoshop, maka tentu fitur seperti Select Object itu akan sangat membantu pekerjaan kamu.

Dan berikut adalah tautan dari materi pelajaran Digital Photography dan Computational Photography yang dibagikan secara gratis oleh Marc.

Playlist Fotografi Komputasional oleh Marc Levoy
Playlist Fotografi Komputasional oleh Marc Levoy
Materi Fotografi Komputasional oleh Marc Levoy
Materi Fotografi Komputasional oleh Marc Levoy

Dan berikut adalah tautan lainnya yang mungkin saja bermanfaat juga:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.