UC in the Box

Kemarin telah dilaksanakan kegiatan TechNet Day yang mengambil tema UC in the box until you drop and Batam {community} launch.

 

TechNet Day kali ini adalah kegiatan TechNet Day yang dilaksanakan pertama kali diluar Jakarta, bahkan kalau saya tidak salah yang dilaksanakan diluar pulau Jawa.

 

Sesuai dengan tema yang dipilih, pada kegiatan kali ini yang dibahas adalah aspek-aspek yang berkaitan dengan Microsoft Unified Communication dan solusi-solusi lainnya yang terkait. Bahkan pada kegiatan ini, diperlihatkan juga bagaimana Microsoft Unified Communication dapat berkolaborasi dengan platform non-Microsoft.

 

Selain karena ini adalah TechNet Day kali ini dilaksanakan diluar pakem (biasa dilaksanakan di Jakarta), juga pada kegiatan kali ini, metode penyampaian materi-nya tidak hanya one-way (materi disampaikan satu arah oleh seorang pembicara), melainkan materinya disampaikan dan dicoba bersama-sama oleh peserta dan pembicara.

 

Ya, semacam workshop gitu deh.

 

Materi-materi yang disampaikan pada kegiatan kali ini adalah:
– Microsoft Windows Server 2008 (Active Directory, Hyper-V, dll)
– Microsoft Exchange Server 2007
– Microsoft Office Communication Server 2007
– Microsoft Office Communicator 2007
– Microsoft Office SharePoint Server 2007
– Microsoft Office Live Meeting 2007
– Microsoft Outlook 2007
– Microsoft Outlook Web Access 2007

 

Yang meliputi:
– Instalasi
– Konfigurasi

 

Sebenarnya banyak hal lagi yang ingin ditunjukan dan disampaikan oleh Naren Wicaksono, F.X. Faisal Henry Susanto dan Raymond Engelbert Ang pada kesempatan ini, seperti interoperabilitas antara Microsoft UC dengan Centos, Ubuntu, dll. Namun karena waktu yang tidak memungkinkan maka hal-hal tersebut dengan terpaksa harus ditunda.

 

Semoga kegiatan semacam ini dapat dilaksanakan pula didaerah lain. Tentu-nya dengan semangat berbagi informasi dan pengetahuan, tanpa dibatasi oleh sekat-sekat golongan/komunitas/organisasi yang cenderung salah selama ini membuat banyak kawan-kawan yang sedang semangat dan terbilang baru ingin belajar menjadi imun terhadap teknologi tertentu.

 

Yang pada akhirnya membuat kawan-kawan tersebut menjadi terisolir terhadap perkembangan teknologi secara komprehensif.

 

Atas hasil kerja keras serta semangat yang tinggi, acara ini dapat benar-benar terlaksana sesuai rencana. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari hasil kerja keras rekan-rekan MUGI Batam (Aprizon, Khoirul Anam, Athailah, Febry, dkk) serta kolaborasi dengan WSS-ID, serta berkolaborasi juga dengan beberapa partner resmi Microsoft untuk teritorial Kepulau Riau seperti: PT. Sarana Solusindo Informatika, PT. Duta Komputer, dan PT. Halcom. Dan juga pihak lainnya seperti PT. Telekomunikasi Indonesia.

 

Walupun waktu yang tersedia mepet, namun dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini dapat berjalan sesuai dengan harapan. Dimana para peserta yang hadir, dapat benar-benar mendapatkan pengalaman baru sebagai administrator Microsoft UC. Dan kalaupun pada kesempatan kali ini, interoperabilitas Microsoft UC tidak dapat ditunjukan seluruhnya, namun para peserta tetap dapat menyaksikan kemampuan interoperabilitas antara teknologi Microsoft dengan teknologi dari principal IT lainnya, seperti Apple dan Nokia.

 

Melalui TechNet Day ini juga, dijelaskan dan ditunjukan bahwa teknologi/solusi yang Microsoft tawarkan benar-benar do-able, human-friendly yang kemudian membuat teknologi/solusi tersebut dapat dengan mudah mendapatkan justifikasi untuk digunakan bagi dikalangan bisnis dan/atau organisasi lainnya.

 

Dokumentasi dari kegiatan ini, dapat disimak pada halaman ini.

Advertisements

7 thoughts on “UC in the Box

  1. Trimakasih buat waktu yang diluangkan bagi kita yang dari Batam, salut buat kerjasama nya dengan MUGI Batam dalam membuat event Microsofot UC in the Box ini. semoga event berikut tetap sukses.

    Like

  2. @ Rady: senang bila hal tersebut dapat bermanfaat. semoga apa yang dishare pada kegiatan semacam dapat memberikan informasi baru mengenai perkembangan teknologi yang ada. dan mohon maaf Pak, bila ada yang kurang berkenan selama pelaksanaan kegiatan ini.

    Like

  3. Event yang berbeda dan bermanfaat,Terimakasih banyak kepada semua Pihak baik MUGI-Batam dan para MVP dan Microsoft. Terutapa Buat ASLI Windows Vista ultimate-nya.Ditunggu event lainnya.

    Like

  4. @ FX Joko: memang berbeda. untuk pertama kali-nya dilakukan di Indonesia, yang lebih berbeda, hal ini dilakukan di Batam. siap, terima kasih kembali Pak, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.

    Like

  5. Terima kasih untuk Microsoft, rekans MVP (Naren,Faisal & Ronald), rekan-rekan MUGI Batam atas terselenggaranya event ini. Semoga kite ketemu lagi di acara seperti ini yang lebih gede. Pastinya di Batam.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s