Beberapa yang baru dari Microsoft

Pada tanggal 15 April 2009 yang lalu, Microsoft Corporation telah secara resmi mengumumkan dan meluncurkan versi Beta dari Microsoft Exchange Server 2010. Microsoft Exchange Server merupakan salah satu komponen dari solusi Microsoft Unified Communication.

Masih pada hari yang sama, pengumuman ini juga diikuti dengan pemberitahuan lainnya berkaitan dengan Microsoft Office 2010. Berikut ini adalah komponen dari Microsoft Office 2010:

  • Microsoft Office Access 2010
  • Microsoft Office Excel 2010
  • Microsoft InfoPath Designer 2010
  • Microsoft InfoPath Editor 2010
  • Microsoft Office SharePoint Designer 2010
  • Microsoft Office OneNote 2010
  • Microsoft Office Outlook 2010
  • Microsoft Office PowerPoint 2010
  • Microsoft Office Publisher 2010
  • Microsoft Office SharePoint Workspace 2010
  • Microsoft Office Word 2010
  • Microsoft Visio 2010
  • Microsoft Project 2010
  • Microsoft SharePoint Server 2010

Tidak berhenti sampai disitu, Microsoft Corporation pada tanggal 30 April 2009 juga telah meluncurkan Windows 7 versi Release Candidate yang melengkapi pengumuman Microsoft Corporation sebelumnya tentang beberapa calon produk baru yang akan diluncurkan oleh Microsoft.

Apa saja yang baru 

Ada beberapa perubahan yang dapat dirasakan dalam penggunaan Microsoft Office 2010 yang tidak dapat diuraikan secara singkat. Tentunya banyak sekali inovasi baru yang ditunjukan oleh Microsoft melalui produk-produk tersebut. Saya mendapatkan kesempatan untuk mencicipi untuk menggunakan Windows 7 Release Edition and juga Microsoft Office 2010 Technical Preview.

Sudah banyak review yang terdapat di internet berkaitan dengan Microsoft Windows 7 Release Candidate dan pada artikel ini, saya coba untuk sharing secara singkat mengenai apa saja yang baru di Microsoft Office 2010.

Berikut ini adalah screen-shot dari beberapa kemampuan dan fitur baru pada aplikasi Microsoft Office 2010:

Untitled

Daftar aplikasi Office 2010 Technical Preview yang sudah terinstall pada laptop saya

msoffice2010-word-splash

Tampilan splash-screen Office 2010 Technical Preview

Office01

Kemampuan untuk mengedit presentasi Microsoft PowerPoint melalui aplikasi Microsoft PowerPoint Web

Office02

Kemampuan untuk mengedit berkas Microsoft Office Word pada apliasi Microsoft Office Word Web

Office03

Kemampuan untuk mengedit berkas Microsoft Office Excel pada aplikasi Microsoft Office Excel Web

Office04

Kemampuan untuk mengedit berkas OneNote pada aplikasi OneNote Web

Office05

Fitur untuk melihat presentasi Microsoft Office PowerPoint pada aplikasi Microsoft Office PowerPoint Web

Office06

Fitur untuk melihat berkas Microsoft Office Word pada aplikasi Microsoft Office Word Web

Office07

Fitur untuk melihat berkas Microsoft Office Excel pada aplikasi Microsoft Office Excel Web

Office08

Fitur untuk melihat berkas OneNote pada aplikasi OneNote Web

Selanjutnya adalah screen-shot dari apa saja fitur baru yang ditawarkan oleh Microsoft Exchange 2010:

Office09

Conversation View. Untuk mengurangi ketidakteraturan pada folder Inbox outlook, Exchange 2010 menyediakan fitur Conversation Vew yang lebih baik. Pengaturan email di Inbox yang dapat diurutkan secara otomatis dengan mengatur secara rapi, komunikasi email yang ada berdasarkan topic yang ada secara berurutan sesuai dengan flow komunikasi yang terjadi.

Office10

Ignore Conversation. Fitur ini bukanlah fitur untuk menangani SPAM, melainkan sebuah fitur yang membantu pengguna Exchange 2010 untuk dapat mengabaikan email-email yang tidak berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari. Hal ini sering terjadi ketika kita terlibat secara tidak langsung dalam sebuah diskusi (melalui email) dalam organisasi kita, dimana sebenarnya kita tidak terlalu terkait dengan diskusi itu. Dengan fitur Ignore Conversation kita sebagai pengguna Exchange 2010 dapat mengabaikan email-email tersebut. Dan bukan menandai email-email tersebut sebagai SPAM, karena pada dasarnya email-email tersebut berasal dari dalam organisasi kita sendiri.

Office11

Voice Mail Preview. Microsoft benar-benar ingin memberikan kemampuan secara menyeluruh berkaitan dengan Microsoft Unified Communication kepada para pelanggan-nya, Exchange 2010 dilengkapi dengan fitur voice mail yang semakin matang dengan menawarkan kemampuan untuk dapat speech-to-text voice mail yang membuat penggunanya dapat menerima voice mail dalam folder Inbox mereka.

 

Office12

Outlook Web Access premium yang dapat diakses dengan baik dengan menggunakan Mozilla Firefox.

 

Office13

Outlook Web Access premium yang dapat diakses dengan baik dengan menggunakan Apple Safari.

Office14

Fitur MailTips pada Exchange 2010 memberi peringatan dan informasi kepada pengirim email, ketika sipengirim email akan mengirim email kepada jumlah penerima yang banyak. Lazimnya, organisasi yang sudah menggunakan solusi system komunikasi email seperti Microsoft Exchange Server memiliki banyak Distribution List dalam organisasi mereka. Hal ini tidak jarang membuat komunikasi email dalam organisasi tidak efisien karena dilakukan tidak terarah dan ditujukan kepada banyak karyawan tanpa memperhatikan tingkat relevansi si penerima email.

Office15

Fitur MailTips pada Exchange 2010 juga memberi peringatan dan informasi awal kepada calon pengirim email mengenai potensi/kemungkinan email yang mereka akan kirimkan itu ditolak oleh email penerima, si penerima email tidak berada ditempat (Out Of Office), dll.

Dan seperti biasa, pada setiap rencana peluncuran produk baru, Microsoft selalu memberikan kesempatan kepada para pelanggan-nya untuk terlebih dahulu mencoba dan menggunakan produk-produk baru tersebut yang masih berada pada tahap Technical Preview, Beta dan Release Candidate.

Pada tautan berikut ini, Anda dapat menyimak informasi yang berkaitan peluncuran produk-produk tersebut dan juga tautan dimana Anda dapat mengunduh masing-masing produk untuk Anda coba terlebih dahulu (sebelum Anda dapat mengunduh produk-produk tersebut, terlebih dahulu Anda harus memiliki akun di LIVE.com:

Advertisements

4 thoughts on “Beberapa yang baru dari Microsoft

  1. Pak Ladung,

    Kebetulan kantor saya juga make win 7 yang RC,tp belum nyampe ke site,saya skr pake yang evaluation copy,disuruh boss test,nanti klo boleh tanya2 soal win7 boleh yah pak…

    Rgds,
    AR(STIKI#2001)

    Like

  2. wah boleh uga tu info….

    makasih pa………

    memory yang di pake gede banget y kanyanya
    duh komputer sayah suka jadi lola eung…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s