Windows Vista SP1

Setelah hampir 1 tahun ini saya menggunakan Microsoft Windows Vista, dan setelah sejak bulan Desember 2007 yang lalu saya menggunakan Windows Vista SP1 (RC=Release Candidate). Maka pada hari ini saya telah menggunakan Windows Vista yang sudah dilengkapi dengan SP (Service Pack) 1. Saya menggunakan SP1 yang saya download dari situs TechNet. Dan bagi Anda yang memiliki keanggotan Technet atau MSDN Plus, maka Anda sudah dapat mendownload-nya dari situs Technet ataupun MSDN. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki keanggotaan Plus, baik di Technet maupun di MSDN, tidak perlu berkecil hati, Anda akan segera dapat mendownload-nya.

SP (Service Pack) 1 untuk Windows Vista ini resmi diumukan oleh tim Windows Vista pada 04 Februari 2008 yang pengumuman-nya, dapat Anda simak pada halaman ini.

Beberapa hal baru yang ditawarkan oleh SP1 ini sebagaimana yang saya kutip dari blog ini adalah sebagai berikut:

Perbaikan di area Reliability

Vista SP1 memperbaiki beberapa issue yang terkait dengan crash dan hang di Windows Vista.Termasuk Windows Calendar, Windows Media Player, dan beberapa driver yang masuk dalam Vista. Selain itu juga memperbaiki masalah koneksi ad-hoc (komputer ke wireless connection) dan juga peer-to-peer connection.

Performance and Power Consumption

Memperbaiki performance saat melakukan browsing di file sharing dengan konsumsi bandwidth yang lebih sedikit. Selain itu juga memperbaiki beberapa hal yang bila kita simpulkan dengan angka: 25 % lebih cepat saat melakukan copy file di mesin yang sama, 45% lebih cepat dari Vista RTM ke Vista SP1, 50% lebih cepat bila antara Vista SP1 dan Vista SP1, dan 50% lebih cepat saat membaca file yang besar. Memperbaiki konsumsi listrik saat sleep (bila tidak ada perubahan pada layar, maka prosesor akan mati). Memperbaiki kecepatan saat extract atau zip file. Memperbaiki kecepatan sleep dan stanby lebih cepat 18%. Bagi rekans yang berada di lingkungan korporat, maka Vista SP1 memberikan kecepatan yang lebih baik bila Anda melakukan login ke domain. Dan yang sangat berguna bagi pecinta Remote Desktop adalah di Vista SP1 sudah diterapkan sebuah algoritma kompresi yang membuat konsumsi bandwidth untuk melakukan remote desktop lebih irit dan tentunya meningkatkan performance/kualitas desktop yang diremote.

In General

SP1 mengurangi prompt dari UAC (User Account Control) saat renaming atau membuat folder dalam lokasi yang protected. SP1 akan membuka hasil scanning foto dengan WIndows Explorer (di RTM membuka Photo Gallery). Selain itu Anda akan diminta untuk memasukkan password saat initial setup.

Dan berikut adalah jadwal release resmi SP1 menurut blog ini:

In mid-March, we will release Windows Vista SP1 to Windows Update (in English, French, Spanish, German and Japanese) and to the download center on microsoft.com.  Customers who visit Windows Update can choose to install Service Pack 1.  If Windows Update determines that the system has one of the drivers we know to be problematic, then Windows Update will not offer SP1.  Since we know that some customers may want to update to SP1 anyhow, the download center will allow anyone who wants to install SP1 to do so.

In mid-April, we will begin delivering Windows Vista SP1 to Windows Vista customers who have chosen to have updates downloaded automatically.  That said, any system that Windows Update determines has a driver known to not update successfully will not get SP1 automatically.  As updates for these drivers become available, they will be installed automatically by Windows Update, which will unblock these systems from getting Service Pack 1.  The result is that more and more systems will automatically get SP1, but only when we are confident they will have a good experience.

The remaining languages will RTM in April.

File SP1 yang saya gunakan adalah:

Windows Vista Service Pack 1 (x86) – EXE (English, French, German, Japanese, Spanish)

Dan nama file-nya adalah:

de_en_es_fr_ja_windows_vista_service_pack_1_x86_72327.exe

Ukuran file tersebut adalah 433MB yang saya download dari tempat saya beradan sekarang, yaitu di Batam, dengan menggunakan koneksi Indosat 3.5 G.

Waktu instalasi yang diperlukan adalah sekitar 45 menit yang dibagi menjadi beberapa 3 proses. Instalasi (setelah download), kemudian komputer akan direstart sebanyak 4 kali yang diikuti lanjutan instalasi dan konfigurasi SP1 tersebut.

Berikut beberapa snap-shot dari hasil instalasi SP1 tersebut pada mesin/komputer yang saya gunakan sekarang:

Dan berikut update dari Windows Vista dan beberapa update lainnya yang terdapat pada mesin/komputer yang saya gunakan:

 

Link-link yang berkaitan dengan SP1 Windows Vista:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.