Bandeng Lumpur

Sore ini, saya lihat berita di MetroTV mengenai temuan dari Tim Pengawas Penanggulangan Lumpur Sidoarjo (TP2LS) DPR RI. Bagi saya sebagi orang awam ini sedih, adalah selain temuan TP2LS yang menyatakan bahwa musibah bencana lumpur yang terjadi di Sidoarjo itu dikarenakan fenomena alam, juga respon yang diberikan oleh para anggota DPR yang terhormat itu. Dimana, ketika ditanya oleh pemimpin sidang, apakah para anggota DPR yang terhormat itu menerima laporan TP2LS tersebut, untung-lah hasil temuan dan laporan TP2LS itu ditolak oleh sebagian besar anggota sidang yang hadir.

Walau demikian, saya sangat resah dengan respon yang diberikan dan diperlihatkan oleh para anggota DPR yang terhormat itu. Diantara mereka ada yang sambil berteriak-teriak, bahkan ada terdengar seperti terkekeh-kekeh, dll. Bagi saya, hal tersebut adalah sungguh sebuah sikap yang tidak menunjukan dan mencerminkan sikap dan tindakan negarawan.

Memang tidak ada gading yang tak retak. Tapi apakah memang pantas respon seperti itu?

Terlepas dari bagaimana hasil rapat DPR RI tersebut. Dari pagelaran rapat tersebut, nampak sekali, bahwa kelangsungan Hidup dan Nasib saudara-saudara kita di Sidoarjo yang sekarang ini mendapatkan cobaan dari YME, menjadi semakin menderita. Dan hal itu diperparah dengan sikap dari DPR RI yang seolah-olah menjadikan bencana lumpur di Sidoarjo sebagai bahan guyonan dan permainan politik semata.

Mereka (baca: DPR) yang seharusnya menjadi perpanjangan tangan dan suara dari rakyat di negeri ini, seolah-olah tidak mengambil peduli akan nasib rakyat yang mereka wakili. Dimana setiap hari, saudara-saudara itu, dengan ketersediaan kemampuan yang tersisa, masih berusaha untuk tetap bertahan hidup. Yupe, bertahan hidup. Boro-boro memikirkan masa depan mereka, untuk hidup sehari-hari saja sudah sulit.

Sungguh ironis. Semoga saudara-saudara se-bangsa dan se-tanah yang sekarang ini mengalami musibah, selalu mendapatkan bimbingan dari YME dan ketabahan dalam menghadapi cobaan dan juga diberikan kekuatan mental dalam menyaksikan para pejabat di negeri ini yang ‘meninggalkan’ rakyat yang seharusnya mereka layani.

Semoga. AMIN !!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.