Koneksi internet

Terhitung sejak tanggal 05 Juli 2007, saya dan beberapa kawan dikantor berlangganan koneksi internet 3.5G dengan menggunakan layanan dari IndosatM2. Hal ini adalah sebuah kebutuhan (bila tidak ingin disebut sebagai sebuah keharusan) bagi saya dan kawan-kawan dikantor yang kebanyakan dari kami lebih sering menghabiskan waktu kami diluar kantor.

 

Sebagai pekerja pada sebuah perusahaan yang nadi kehidupan-nya tidak lepas dari internet, maka kami sudah sedemikian addicted dengan internet. Karena segala sendi aktifitas kegiatan pekerjaan kami sangat erat kaitan-nya dengan internet.

 

Bahkan kami pun dilengkapi dengan kemampuan untuk dapat terkoneksi dengan e-mail perusahaan kami setiap waktu dengan menggunakan fasilitas dari Microsoft Exchange Server 2007 yang umum dikenal sebagai DirectPush Mail. Sebuah kemampuan yang sangat baik, karena tanpa perlu investasi tambahan diluar Microsoft Exchange Server 2007, Anda tidak perlu berlangganan lagi dengan pihak ketiga untuk memenuhi kebutuhan Anda dalam ber-mobile messaging.

 

Payahnya, justru saya masih sering melanjutkan bekerja ketika sudah dirumah dan juga pada malam hari (+/- hampir tengah malam) justru saya sering sekali punya jadwal untuk mengikuti kelas/training online yang dilaksanakan oleh kantor saya dengan menggunakan Microsoft Live Meeting. Kenapa hampir tengah malam, ya hal ini dikarenakan perbedaan waktu antara Indonesia dan Amerika tempat dimana para pengajar/presenter-nya berada yang terpaut sekitar lebih dari 10 jam (GMT -07:00).

Anyway, sudah beberapa waktu belakangan ini (+/- 1 minggu) saya mengalami masalah dengan koneksi saya tersebut.

 

Saya belum pernah mengalami masalah semacam ini dan sesering ini sejak saya berlangganan koneksi 3.5G IM2. Saya sudah mengadukan masalah ini ke call-center IM2. Namun dalam hal seperti, memang tidak banyak yang dapat diberikan oleh petugas call-center IM2 (walaupun menurut saya respon yang diberikan oleh call-center IM2 sungguh sangat baik) selain memberikan saran-saran dan panduan-panduan kepada saya.

 

Kondisi intermittent yang saya alami ini tidak dialami oleh kawan-kawan saya lainnya yang kebetulan juga berlangganan koneksi yang sama. Bahkan ketika saya berada di Pulau Batam dan Balikpapan, saya juga tidak mengalami masalah ini. Justru di Jakarta, tepatnya diseputaran Jl. Jend. Sudirman saya mengalami masalah.

 

Berikut adalah screen-shot dari langkah-langkah yang saya lakukan (beberapa kali) dan juga hasil dari usaha saya untuk terkoneksi ke jaringan IM2 yang saya alami:

 

 

Dikarenakan seringnya saya mengalami intermittent maka saya berinisiatif untuk melakukan test kecepatan koneksi (download dan upload) yang saya gunakan ini dengan menggunakan fasilitas yang disediakan oleh situs SPEEDTEST.

 

Dan berikut ini adalah hasil dari pengetesan tersebut:

 

Sempat terpikir untuk berganti operator jaringan lainnya, namun masih menimbang-nimbang dulu sembari mencari referensi. Barangkali saja seiring waktu saya berpikir, akan ada peningkatan kualitas koneksi IM2.

 

Nah, barangkali diantara Anda, ada yang memiliki pertimbangan mengenai koneksi internet mobile, mohon informasi dan sharing-nya ya.

 

Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s