Windows Live Writer dan Wordpress (PHP)

Beberapa bulan yang lalu saya mendapatkan informasi, bahwa Microsoft telah meluncurkan layanan baru yang dikenal dengan sebutan Windows Live yang pada saat itu masih dalam tahap beta. Dan kalau saya tidak salah, sekarang layanan tersebut sudah final alias sudah bisa digunakan secara komplit.

Sebenarnya apa yang ingin saya sharing disini sudah pernah diulas dengan lebih detail oleh Rahmat Zikri dimajalah CHIP. Dan topik Windows Live Writer ini, menurut si Zikri sudah dimuat oleh CHIP pada bulan Februari 2008 yang lalu. Jadi apabila Anda merasa artikel ini masih kurang menjelaskan, silahkan mencari salinan majalah CHIP edisi Februari 2008 ya. Karena saya tidak akan sharing secara detail mengenai Windows Live Writer melainkan hanya beberapa hal yang menurut saya penting untuk diketahui.

Sesuai dengan informasi yang terdapat situs Windows Live services, ada beberapa layanan Windows Live yang disediakan secara cuma-cuma oleh Microsoft. Dari beberapa layanan tersebut, yang sudah saya install pada komputer saya dan sudah saya gunakan adalah:

– Windows Live Mail

– Windows Live Messenger

– Windows Live Toolbar

– Windows Live SkyDrive

– Windows Live Writer

Sedangkan fitur Windows Live lainnya:

– Windows Live/Hotmail
– Windows Live Spaces

– Windows Live Photo Gallery

– Windows Live Events

– Windows Live OneCare

Karena saya merasa tidak perlu menggunakan layanan-layanan tersebut, tidak saya gunakan/install pada komputer saya. Dengan ke-5 fitur Windows Live services yang pertama tadi, saya sudah merasa sangat terbantu dalam melakukan kegiatan/aktifitas saya sehari-hari.

Windows Live Writer

Kembali ke topik. Saya sudah coba menggunakan Windows Live Writer (WLW) dalam kegiatan blogging saya. Dan sampai dengan saat ini, saya sudah menggunakan WLW untuk posting 3 (tiga) entry pada blog ini, yaitu ASUS U2E – Wndows Vista Special Edition, Gaji orang Indonesia sesungguhnya, Hunting GSB di Pekan Raya Jakarta dan entry ini sendiri.

Berikut beberapa fitur dari Windows Live Writer yang memiliki fungsi yang dapat

mewakili penjelasan secara umum tentang betapa mudahnya penggunaan Windows Live Wirter membantu dalam kegiatan blogging.

Plug In

Bagi banyak pemula dalam blogging (termasuk saya sendiri) kadang membuat entry disebuah blog lumayan membuat bingung. Baik itu ketika melakukan pengaturan letak teks dan gambar, maupun ketika saya harus menyertakan simbol-simbol tertentu pada entry blog yang dibuat. Walaupun untuk blogging tool semudah WordPress.

Selain kemudahan dalam mengetik kata/kalimat, Anda juga dapat dengan mudah menyertakan hal-hal lainnya pada entry yang sedang Anda buat, seperti: hyperlink, gambar, table, peta, video, tags, flash object, event, emoticons, dll.

Bahkan apabila Anda sudah berlangganan dilayanan photo/video sharing seperti Flickr, maka Anda dapat dengan mudah menyertakan gambar yang Anda letakan di Flickr pada entry yang Anda buat. Hal ini tentu sangat membantu Anda dalam mempercantik tampilan blog Anda dan juga dapat menghemat space pada webhosting Anda. Karena gambar yang akan Anda sertakan itu tidak perlu Anda upload terlebih dahulu ke website Anda, melainkan Anda cukup menggunakan Plug-In tambahan untuk WLW yang disebut Flickr4Writer untuk melakukan hal ini.

Windows Live Writer

Tampilan daftar plug-in yang saya gunakan.

Contoh dari penggunaan Flickr4Writer pada blog ini adalah pada entry Hunting GSB di Pekan Raya Jakarta. Pada entry tersebut, Anda dapat menyimak beberapa gambar yang saya sertakan disitu. Anda bayangkan saja, betapa repotnya apabila Anda harus menggunakan tag html <a href=””></a> apabila Anda ingin menyertakan gambar pada entry yang Anda buat.

Sebelumnya, apabila saya ingin menyertakan gambar pada entry yang saya buat dan untuk menghemat space webhosting saya, maka saya selalu meng-upload terlebih dahulu gambar tersebut ke Geocities – Yahoo, untuk kemudian link-nya saya pasang pada entry yang bersangkutan dengan menggunakan tag html <a href=””></a>. Contohnya adalah pada entry Facebook account dan WorldWide Telescope.

Hal semacam ini dimungkinkan, karena WLW menyediakan beragam plug-in yang dapat Anda peroleh secara cuma-cuma.

Tanpa menggunakan plug-in semacam itu, maka ketika Anda menggunakan pilihan insert image maka gambar yang Anda sertakan pada entry yang bersangkutan akan turut diupload oleh WLW beserta dengan artikel yang Anda buat. Dan untuk gambar yang Anda upload itu akan disimpan pada lokasi /wp-content/uploads. Dan pastinya hal tersebut akan membuat kapasitas server blog Anda menjadi semakin berkurang.

Windows Live Writer dan WordPress

Karena saya menggunakan platform WordPress pada blog saya, maka saya akan membahas interoperability antara Windows Live Writer dan WordPress (PHP). Dengan menggunakan WLW, setelah terlebih dahulu melakukan autentikasi ke server blog saya, maka melalui WLW saya dapat melakukan kontrol/pengaturan terhadap Dashboard WordPress saya.

Windows Live Writer

Tampilan interoperability WLW – WordPress

Windows Live Writer

Tampilan moderation window setelah WLW saya ter-auntentikasi di server WordPress saya.

.CSS pada Windows Live Writer

Seperti yang sudah sampaikan diawal tadi, melalui WLW Anda dapat menggunakan seting tampilan yang telah diatur pada file .CSS pada theme yang Anda gunakan. Hal ini dimungkinkan karena WLW memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi dengan file .CSS Anda.

Windows Live Writer

Tampilan window setting .CSS/Stylesheet

Windows Live Writer

Tampilan editing console pada WLW sesuai .CSS/Stylesheet

Offline Content Management

Karena sebelumnya WLW yang saya gunakan sudah ter-autentikasi oleh server WordPress sayang, maka saya dapat dengan mudah beraktifitas membuat entry pada blog saya secara offline. Saya juga dapat melakukan perubahan/editing terhadap entry yang sudah saya upload melalui console WLW.

Windows Live Writer

Tampilan content management WLW

Windows Live Writer

Tampilan fungsi pembuatan entry melalui WLW

Windows Live Writer

Tampilan window WLW untuk penyimpanan entry yang baru dibuat

Pengaturan tampilan entry

Melalui WLW, saya juga dapat dengan mudah membuat pengaturan tampilan pada entry yang saya buat yang tidak terikat pada .CSS/Stylesheet yang digunakan oleh theme/template yang bersangkutan.

Windows Live Writer

Tampilan menu bar pengaturan tampilan

Windows Live Writer

Tampilan drop down menu untuk pengaturan tabel dalam entry

Pilihan Tampilan

Tidak jarang, ketika kita membuat sebuah entry pada blog, kita membutuhkan akses terhadap kode HTML dari entry yang kita buat, nah WLW memiliki kemampuan untuk memberikan kita pilihan tampilan ketika kita sedang membuat sebuah entry. Layaknya seperti fungsi yang ada di Microsoft Office Word.

Windows Live Writer

Tampilan drop down menu pilihan view

Fungsi Tag dan Calendar

Barangkali Anda ingin membuat sebuah entry yang belum sempat Anda upload namun terlupakan oleh Anda. Sedangkan Anda sebenarnya ingin agar entry tersebut harus sudah ter-upload pada tanggal tertentu. Dengan WLW, Anda dapat dengan mudah melakukan pengaturan tanggal upload tersebut.

Windows Live Writer

Tampilan fungsi pengaturan tanggal

Dan apabila pada dashboard WordPress, Anda sudah menentukan/membuat tag terhadap entry-entry yang Anda buat, maka Anda juga dapat dengan mudah melakukan pengaturan melalui WLW.

Windows Live Writer

Tampilan fungsi pengaturan tag sebuah entry

Penyesuaian pada .CSS/Stylesheet

Dikarenakan theme yang saya gunakan pada blog saya ini tidak sepenuhnya fleksibel, maka saya melakukan sedikit perubahan pada beberapa file yang terdapat pada WordPress saya, yaitu file style.css, index.php dan page.php. Dan berikut adalah bagian/line yang saya rubah.

Stylesheet (style.css)

/**************** Entry *********************/
.entry1{ float:left;margin-bottom:5px; background-color:#FFFFFF;width:455px; font-size:11px;border-bottom:1px solid #000000; border-right:1px solid #000000;}
.entry2{ float:left;margin-bottom:5px; background-color:#FFFFFF;width:648px; font-size:11px;border-bottom:1px solid #000000; border-right:1px solid #000000;}

Pada file style.css tersebut saya menambahkan class baru pada file tersebut, yaitu .entry1 dan .entry2. Hal ini ditujukan untuk dapat mengakomodasi seting yang nanti akan saya lakukan melalui WLW. Jadi akan mengabaikan pengaturan oleh file .CSS tersebut.

Dan agar halaman utama saya memiliki tampilan yang berbeda dengan tampilan pada single page, maka saya membedakan class .entry untuk masing-masing file index.php dan page.php. Tentu-nya setelah terlebih dahulu menambahkan class .entry1 dan .entry2 pada style.css.

Main Index Template (index.php)

<div class=”entry1“>
<?php if (have_posts()) : ?>

<?php while (have_posts()) : the_post(); ?>

<div class=”post” id=”post-<?php the_ID(); ?>”>
<h2><a href=”<?php the_permalink() ?>” rel=”bookmark” title=”Permanent Link to <?php the_title(); ?>”><?php the_title(); ?></a></h2>
<small>Written by <?php the_author() ?> on <abbr title=”<?php the_time(‘Y-m-dTH:i:sO’); ?>”><?php unset($previousday); printf(__(‘%1$s – %2$s’), the_date(”, ”, ”, false), get_the_time()) ?></abbr> – <?php if(function_exists(‘the_views’)) { the_views(); } ?> </small><br /><br />

<?php the_content_rss(”, TRUE, ”, 50) ; ?> <a href=”<?php the_permalink() ?>” rel=”bookmark” title=”Permanent Link to <?php the_title(); ?>” class=”bluelinks”>Read more</a>

<br /><br />
<?php the_tags(‘Tags: ‘, ‘, ‘, ‘<br />’); ?>Posted in <?php the_category(‘, ‘) ?> | <?php edit_post_link(‘Edit’, ”, ‘ | ‘); ?><?php comments_popup_link(‘No Comments »’, ‘1 Comment »’, ‘% Comments »’); ?><br />

</div>

<?php endwhile; ?>

<div class=”navigation”>
<div class=”alignleft”><?php next_posts_link(‘&laquo; Older Entries’) ?></div>
<div class=”alignright”><?php previous_posts_link(‘Newer Entries &raquo;’) ?></div>
</div>

<?php else : ?>
<div class=”post”>
<h2 class=”center search”>Ladung | The Blog could not find anything!</h2>
<p class=”center”>Sorry, but you are looking for something that isn’t here.</p>
</div>
<?php endif; ?>
</div>

Page Template (page.php)

<div class=”entry2“>
<?php if (have_posts()) : ?>

<?php while (have_posts()) : the_post(); ?>

<div class=”post” id=”post-<?php the_ID(); ?>”>
<h2><?php the_title(); ?></h2>
<?php the_content(‘Read more &raquo;’); ?>
<?php edit_post_link(‘Edit’, ”, ‘ | ‘); ?>
</div>

<?php endwhile; ?>

<?php else : ?>
<div class=”post”>
<h2 class=”center search”>Ladung | The Blog could not find anything!</h2>
<p class=”center”>Sorry, but you are looking for something that isn’t here.</p>
</div>
<?php endif; ?>
</div>

Demikian sharing saya mengenai penggunaan WLW pada blog ini. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Mungkin juga dapat menjadi sebuah contoh bahwa antara platform proprietary seperti Microsoft dapat berinteraksi dengan platform yang non-proprietary atau OSS.

Peace !!!

Advertisements

5 thoughts on “Windows Live Writer dan Wordpress (PHP)

  1. keren juga..memudah kan banget saat bikin tulisan buat blog.
    tapi sayang, laptop acer saya gak punya license windows. klo pun beli license-nya muahal je..

    jadi skrg ya pake pinguin aja untuk di laptop. 🙂

    anyway, keyen live writernya

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.