Menggunakan email non Yahoo! di milis Yahoogroups

Barangkali informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin menggunakan email non-Yahoo! Anda untuk dapat tetap bergabung pada mailing list tertentu di Yahoogroups.

Saya mengkategorikan artikel ini sebagai sebuah tutorial dengan pembobotan 100. Artinya, Anda tidak perlu memiliki ketrampilan khusus dibidang TI untuk dapat melakukan langkah-langkah berikut, yang diperlukan hanya sedikit kesabaran dalam melakukan langkah-langkah ini.

Ada banyak alasan yang menjadi latar belakang bagi seseorang untuk menggunakan email non-Yahoo! ketika berlanggan/bergabung pada satu mailing list di Yahoogroups.

Bisa jadi karena tidak memungkinkan untuk menggunakan fasilitas POP3 Yahoo! regional dikarenakan pembatasan pada network internal Anda (biasa dialami oleh mereka yang memanfaatkan koneksi internet dari tempat kerja). Atau bisa karena hal lainnya, sehingga Anda lebih memilih untuk menggunakan satu alamat email saja untuk bergabung pada lebih dari satu milis.

Sebelum saya memulai, ada baiknya saya berikan sedikit ilustrasi sebagai berikut:

Anda memiliki account di Yahoo! dengan ID akupriatampan dan Anda lebih sering mengakses email akupriatampan@yahoo.com melalui webmail di http://mail.yahoo.com dikarenakan ada keterbatasan pemanfaatan POP3 pada network/koneksi yang Anda gunakan. Dan hal itu lumayan merepotkan bagi Anda karena Anda harus buka browser Anda untuk dapat mengakses email Yahoo! Anda. Atau mungkin yang terparah adalah, ada pembatasan akses internet dikantor Anda, sehingga Anda tidak dapat mengakses email Yahoo! Anda ketika menggunakan fasilitas kantor.

Dan Anda lebih memilih menggunakan email kantor untuk berlanggan pada mailing list tertentu, misalnya akupritampan@cowoktampan.com sehingga Anda dapat menerima email kantor dan email pribadi pada saat yang bersamaan.

Nah, untuk dapat menggunakan email akupriatampan@cowoktampan.com sebagai email utama di milis Yahoogroups, Anda harus melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

Pertama, Anda tentu saja harus login terlebih dahulu di http://groups.yahoo.com untuk dapat mengakses fasilitas mailing list Yahoo! Dan gambar dibawah adalah tampilan dari salah satu milis yang saya ikuti.

Yahoo01

Setelah berhasil login, maka Anda harus masuk kedalam menu Edit Membersehip yang terdapat dipojok kanan atas halaman awal milis yang Anda ikuti. Ini dengan asumsi, bahwa Anda telah terlebih dahulu terdaftar/menjadi anggota pada milis tersebut.

Yahoo02

Setelag Anda klik menu Edit Membership tersebut, maka akan ada tampilan sebagia berikut:

Yahoo03

Pada tampila diatas, dapat Anda perhatikan beberapa email yang saya gunakan untuk berlangganan pada beberapa mailing list di Yahoogroups. Nah, untuk dapat mendapatkan hasil yang sama, Anda harus menambahkan email yang akan Anda gunakan melalui menu (Add new email address).

Setelah Anda klik menu (Add new email address) maka Anda akan dibawa ke menu selanjutnya:

Yahoo04

Pada menu diatas, masukan alamat email yang akan Anda gunakan di milis tersebut. Dalam tutorial ini saya menggunakan email akupriatampan@cowoktampan.com.

Perlu dicatat, bahwa walaupun saya menggunakan alamat email akupriatampan@cowoktampan.com bukan berarti hal ini mengganti alamat email/ID Anda di Yahoo yang sebelumnya.

Setelah menambahkan email Anda diatas, maka klik continue untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

Yahoo05

Dapat Anda simak pada screen-shot diatas bahwa terjadi masalah pada link verifikasi Yahoo! Anda tidak perlu khawatir, karena hal tersebut terjadi bukan karena komputer Anda melainkan pada sistem Yahoo! sendiri. Klik saja continue untuk melanjutkan.

Yahoo06

Sebelum Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, Anda diwajibkan untuk login kembali. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa Anda benar-benar pemilik account/ID akupriatampan tersebut.

Yahoo07

Yahoo08

Setelah Anda berhasil login kembali, maka Anda akan mendapati halaman seperti diatas. Pada halaman ini, silahkan Anda memasukan kembali alamat email alternatif yang akan Anda gunakan pada milis tersebut. Setelah Anda memasukan alamat alternatif yang akan Anda gunakan, silahkan klik tombol Save pada halaman diatas tersebut.

Apabila tidak masalah pada saat pengisian dan penyimpanan data alamat email alternatif tersebut, maka Anda akan mendapati halaman berikut yang berarti langkah Anda untuk mendaftarkan alamat alternatif Anda sudah selesai.

Yahoo09

Langkah selanjutnya adalah tekan/klik tombol Finished. Dan Anda akan menerima email konfirmasi dari Yahoo! yang berkaitan dengan verifikasi, apakah Anda benar-benar pemilik alamat email alternatif itu atau bukan. Yang perlu Anda perhatikan lagi, dikarenakan pada banyak perusahaan/organisasi, email-email dari Yahoo! atau layanan sejenis sering kali digolongkan sebagia SPAM. Dari itu, apabila Anda memutuskan untuk menggunakan email kantor Anda berlangganan pada sebuah mailing list di Yahoogroups, Anda harus memastikan email dari Yahoogroups tersebut tidak masuk ke dalam folder SPAM/BULK.

Untuk selanjutnya, silahkan mengikuti langkah-langkah yang diberikan melalui email tersebut. Cukup mudah bukan. Silahkan dicoba ya, semoga membantu dan bermanfaat.

Advertisements

2 thoughts on “Menggunakan email non Yahoo! di milis Yahoogroups

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s