Tips sederhana menghindari SPAM

Siapa sekarang yang tidak mengenal SPAM. Dapat dipastikan, semua orang yang akrab dan sehari-hari bergaul dengan komunikasi di internet sudah mengenal dengan baik SPAM. Mungkin diantara Anda ada yang menjadi ‘langganan’ SPAM atau bahkan ada diantara Anda yang ‘jualan’ SPAM 🙂

 

SPAM sekarang ini tidak hanya beredar di email, melainkan juga di instant messaging (YM, Live Messenger, ICQ, AIM, IRC, SMS, dll). Modus operandi-nya juga sangat beragam, mulai dari yang sifatnya bisnis, politik, pencitraan nama baik, dll.
Terakhir yang ramai dan yang saya alami sendiri adalah melalui SPAM melalui SMS.

 

Beberapa waktu yang lalu saya menerima beberapa kali SMS dari nomor yang tidak saya kenal, yang isinya himbauan untuk memilih caleg dari partai tertentu.

 

SPAM memiliki banyak pengertian, silahkan Anda cari sendiri di internet. Anda pasti akan mendapatkan banyak sekali tautan berkaitan dengan pemahaman SPAM itu.

 

Jumlah SPAM dari hari ke hari semakin menggila. Bahkan menurut salah satu situs, PINGDOM, setiap harinya, SPAM yang tersebar di internet itu sebesar 512 Terabyte per hari.

 

Ya TERABYTE. Bukan lagi megabyte. Mengerikan bukan. Betapa repotnya Anda ketika harus menghapus satu per satu email SPAM yang singgah di inbox email Anda. Terutama bagi Anda yang berlangganan banyak milis.

 

 

Cara sederhana menghindari SPAM

Saat ini sudah banyak aplikasi, baik itu berbayar maupun yang gratis, tersedia di internet untuk mencegah agar SPAM tidak singgah dan bersarang di email Anda. Mulai dari yang diperuntukan bagi perorangan maupun bagi kalangan korporasi. Silahkan Anda pilih.

 

Cara yang ingin saya sharing kepada Anda disini sebenarnya bukan merupakan sesuatu yang luar biasa canggih dan rumit. Perlu Anda catat, bahwa cara berikut ini bukan untuk MENANGANI melainkan MENGHINDARI.

 

Agar mudah Anda pahami, saya menggunakan 2 skenario untuk cara menghindari SPAM tersebut.

 

Skenario Pertama

Anda berlangganan pada sebuah milis atau lebih di Yahoogrous.com atau milis lainnya. Dan Anda menggunakan email ini_emailsaya@yahoo.co.id. Email tersebut adalah email yang Anda gunakan setiap hari sebagai email pribadi aktif Anda.

 

Untuk menghindari/meminimalisir agar SPAM tidak masuk ke email pribadi Anda tersebut, jangan pernah gunakan email asli Anda pada milis-milis yang Anda ikuti. Kalaupun Anda sudah terlanjur mendaftar dengan email pribadi Anda, segeralah ganti email tersebut dengan email dummy atau email dummy.

 

Pastikan email dummy yang Anda gunakan memiliki layanan PENYARING SPAM. Hampir semua layanan email gratis seperti LIVE.com, HOTMAIL.com, YAHOO.com, dll memiliki fitur penyaringan SPAM tersebut.

 

Ketika Anda sudah memiliki email dummy tersebut, segera gunakan email dummy tersebut untuk pada milis-milis yang Anda ikuti tersebut. Misalnya email dummy Anda adalah ini_emaildummy@yahoo.coi.d.

 

Apabila Anda sudah memiliki email dummy tersebut dan sudah digunakan pada milis-milis yang Anda ikuti, maka kalaupun ada SPAM yang masuk ke email Anda, paling tidak email-email SPAM itu dapat terlebih dahulu disaring oleh email pertama.

 

ini_emaildummy@yahoo.co.id –> ini_emailsaya@yahoo.co.id

 

Walaupun tidak ada jaminan bahwa SPAM tidak akan masuk ke email ini_emailsaya@yahoo.co.id, paling tidak SPAM yang berasal dari milis-milis yang Anda ikuti dapat terlebih dahulu disaring di ini_emaildummy@yahoo.co.id.

 

Perlu Anda perhatikan bahwa, layanan email yang Anda gunakan harus menyediakan:

 

– SPAM Filtering
– Email Forwarding

 

Untuk Yahoo, fasiltas SPAM Filtering disediakan untuk semua Yahoo. Sedangkan khusus untuk Email Forwarding hanya disediakan oleh Yahoo regional, seperti Yahoo.co.id, Yahoo.co.uk, Yahoo.co.sg, dll.

 

Email forwarding berfungsi untuk meneruskan email yang Anda terima diemail pertama ke email Anda yang kedua, bisa jadi sesama Yahoo atau ke layanan lainnya, seperti:

 

ini_emaildummy@yahoo.co.id –> ini.emailsaya@live.com

 

Anda bisa membuat lapisan email sebanyak mungkin yang Anda inginkan. Tentunya dengan konsiderasi, komunikasi email Anda menjadi lebih lambat. Tapi apalah artinya lambat, ketimbang Anda harus kebanjiran SPAM setiap hari.

 

Skenario Kedua

Sedapat mungkin untuk tidak mengekspos email pribadi Anda di internet. Selalu gunakan email dummy Anda ketika akan mengupload detail data di internet. Terkecuali Anda yakin benar dengan si penerima email Anda.

 

Atau ketika Anda mengisi sebuah form yang nantinya akan ditampilkan di internet, selalu gunakan format berikut:

 

ini.emailsaya@live.com –> ini.emailsaya[at]live[dot][com]

 

Dengan format diatas itu, paling tidak dapat meminimalkan agar aplikasi-aplikasi SPAM yang ada sekarang ini agar tidak dengan mudah melakukan scanning terhadap alamat email Anda. Dengan menggunakan format tersebut, dapat dipastikan bahwa HANYA BENAR-BENAR MANUSIA-lah yang menggirimkan email kepada Anda.

 

Demikian yang ingin saya sharing. Tentunya banyak sekali metode dan cara yang dapat Anda gunakan, hal yang saya share disini hanya sebagian kecil saja. Karena metode/cara ber-kejahatan di internet itu ber-evolusi menjadi semakin canggih dari hari ke hari.

 

Apabila setelah Anda sudah menerapkan hal diatas dan email Anda masih kebanjiran SPAM juga, ya itu berarti sudah nasib Anda. Pilihan-nya, bikin email baru, atau sama sekali ‘meninggalkan’ internet. Karena apapun yang Anda gunakan ‘berhadapan’ dengan SPAM, kalau habbit Anda dalam berinternet masih sembrono klik sana klik sini, maka sampai kapanpun Anda akan tetap menjadi sasaran empuk para SPAMMER.

 

Semoga bermanfaat. Dan selamat ber-internet 🙂

Advertisements

One thought on “Tips sederhana menghindari SPAM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s