Mari Menggambar

Menggambar adalah sebuah kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Dengan menggambar, kita bisa mengaktualisasikan diri atau melalui gambar kita juga dapat menyampaikan pesan/informasi tertentu. Latar belakang orang untuk menggambar pun tentu bermacam-macam, ada yang sekedar untuk menghilangkan kejenuhan, atau bahkan sebagai sebuah profesi.

Menggambar bisa dilakukan secara manual menggunakan kanvas gambar/kertas biasa dengan menggunakan pena lukis maupun dengan perangkat menggambar lainnya. Berkembang sesuai jaman, menggambar selain dilakukan secara manual juga dapat dilakukan dengan bantuan perangkat elektronik, seperti aplikasi komputer. Dan dari sekian banyak aplikasi komputer yang tersedia dipasaran salah satunya adalah Microsoft Office Visio.

Microsoft Office Visio 2007

Sejak awal tahun 90-an, Microsoft Office Visio menjadi sebuah aplikasi yang lazim dan dapat kita temukan terinstall pada banyak komputer. Mulai dari kalangan professional, perkantoran sampai dengan ke kalangan pelajar/mahasiswa dan pengguna rumahan.

Bahkan mungkin diantara Anda, ada yang sudah memanfaatkan Microsoft Office Visio dalam kegiatan sehari-hari, untuk pekerjaan dikantor, kegiatan belajar atau bahkan bagi Anda yang sekarang sedang dalam tahapan menyelesaikan skripsi Anda.

Seiring dengan semakin beragam-nya pengguna Microsoft Office Visio dan untuk berbagai fungsi, seperti:

  • Business (proses bisnis, human resources, quality assurance)
  • Engineering
  • Flowchart
  • General
  • Maps and floor plans
  • Network
  • Schedule (Work Breakdown Structure pada project management)
  • Software and database

Ada 2 versi Microsoft Office Visio, yaitu:

Office Visio Standard 2007

Tepat digunakan oleh pengguna yang ingin mendapatkan kemampuan untuk melakukan visualisasi, mendokumentasi, mengkomunikasikan serta berbagi ide-ide yang dimiliki, dalam bentuk diagram alur (flowcharts) dengan tampilan yang professional, gambar denah ruangan, gambar struktur organisasi, diagram alur proyek, dll.

Office Visio Professional 2007

Dapat membantu para praktisi/professional dalam bidang TI, engineering, dan software development dalam hal solusi diagram. Selain para praktisi, kalangan professional lainnya seperti praktisi human resources, dll yang ingin menghubungkan data-data yang dimiliki dengan diagram yang dibuat. Hal ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur Data Link and Data Graphics yang terdapat pada Office Visio Professional 2007.

Dengan pembedaan kedua versi tersebut, para pengguna dapat dengan mudah menentukan versi mana yang paling tepat bagi keperluan sehari-hari.

Bagi mereka yang tidak terlibat dalam kegiatan maintenance komputer server, tentu tidak perlu menggunakan Microsoft Office Professional 2007, melainkan cukup menggunakan Office Visio Standard 2007 saja. Sedangkan bagi para pengguna yang kegiatan-nya lebih cenderung berhubungan data-data dan gambar diagram, tentu lebih cocok menggunakan Office Visio Professional 2007.

Semua kemampuan yang ada pada Office Visio Standard 2007 dimiliki oleh Office Visio Standard 2007 dan tidak sebaliknya.

Beberapa fitur, templates, serta solusi yang disediakan oleh Office Visio Professional 2007 untuk menyajikan gambar diagram yang komunikatif dan kompresif, adalah sebagai berikut:

Data Link and Data Graphics. Fitur ini membantu Anda membuat gambar diagram yang mengintegrasikan data yang Anda miliki. Sehingga diagram yang Anda buat bukan hanya gambar diagram statis saja, melainkan sebuah diagram yang memiliki data/informasi yang dinamis.

PivotDiagram template. Bagi banyak pengguna informasi, sering kali tampilan informasi dalam bentuk gambar yang terstruktur dan memiliki aturan hirakhi lebih dipilih daripada setumpuk laporan yang menyajikan table-tabel dan angkan. PivotDiagram membantu Anda mendapatkan kemampuan untuk mem-visualisasi dan meng-eksplorasi data yang Anda miliki dalam bentuk diagram dengan tampilan yang professional. Hal ini memudahkan bagi pengguna data/informasi tersebut untuk lebih memahami maksud dan tujuan dari data/informasi tersebut.

Value Stream Map template. Bagi kalangan praktisi/pelaku manufaktur,gambar diagram manufacturing processes yang dibuat berdasarkan metodologi yang tepat serta dan dipahami dengan baik oleh pihak-pihak yang berkepentingan merupakan tantangan yang sering dihadapi. Fitur Value Stream Map membantu para praktisi/pelaku manufaktur mendapakan gambar diagram yang dapat mengakomodasi hal tersebut.

Information Technology Infrastructure Library (ITIL) template. Keteraturan dan proses servis yang dibutuhkan oleh praktisi Teknologi Informasi dalam sebuah organisasi juga dapat dilakukan melalui pemanfaatan fitur ITIL yang dimiliki oleh Office Visio Professional 2007.

Network diagram templates. Dapat Anda bayangkan betapa repotnya ketika seorang praktisi TI harus melakukan pemetaan terhadap infrastruktur TI yang dimiliki ketika infrastrukturnya mencakup banyak sekali pengguna desktop dalam organisasi, konfigurasi komputer server yang bermacam-macam serta dinamis. Fitur Network Diagram membantu para praktisi TI untuk menghemat waktu dalam membuat gambar diagram yang mewakili kondisi sebenarnya dari infrastruktur TI yang ada, mulai dari physical network diagrams, sampai diagram rack server.

Web development templates. Tentu akan sangat memudahkan apabila kita dapat memiliki sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat site maps dari situs internet/intranet/extranet yang Anda miliki sekaligus menggunakan aplikasi tersebut sebagai aplikasi yang membantu Anda membuat laporan atas tautan-tautan yang rusak (broken site links) atau laporan atas perubahan-perubahan yang terjadi pada situs sejak terakhir kali situs tersebut dibuat diagram-nya

Software development templates. Bagi Anda yang setiap hari berkecimpung dengan pembuatan aplikasi, Office Visio Professional 2007 membantu Anda dengan menyediakan Microsoft Windows XP User Interface templates, Unified Modeling Language (UML) templates dan banyak lagi.

Architectural plans, engineering schematics, facilities management, and database modeling. Sejak awal diluncurkan-nya, Office Visio identik sebagai aplikasi yang sangat tepat untuk membuat bermacam-macam gambar diagram, seperti: gambar diagram denah lantai, ruangan, site plans, engineering schematics; diagram manajemen fasilitas, pemodelan database, dan banyak lagi. Selain hal tersebut, Office Visio Professional 2007 juga memiliki fungsi serta kemampuan yang membantu Anda untuk melakukan reverse-engineer database models dan solusi perangkat lunak.

Diantara fitur-fitur tersebut diatas yang dimiliki Office Visio Professional 2007, fitur Data Link and Data Graphics adalah fitur yang dapat Anda telusuri pertama kali sebelum Anda menggunakan fitur-fitur lainnya.

Berikut ini adalah beberapa langkah dalam pemanfaatan fitur Data Link and Data Graphics pada Office Visio Professional 2007.

clip_image002

Fitur Data Link and Data Graphics yang memungkinkan Anda memilih sumber data yang Anda inginkan untuk terintegrasi dengan gambar diagram yang akan Anda buat.

clip_image004

Beberapa pilihan sumber data pada Data Link and Data Graphics yang dapat Anda pilih.

clip_image006

Proses integrasi data yang berasal dari Office Excel kedalam sebuah diagram jaringan komputer.

clip_image008

Gambar diagram jaringan komputer yang sudah terintegrasi dengan data yang berasal dari Office Excel.

clip_image010

Dengan fitur Data Link and Data Graphics setiap objek gambar yang ada memiliki data yang akurat yang berasal dari sumber data yang sudah Anda tentukan sebelumnya.

clip_image012

Data/informasi yang melekat pada sebuah objek pada gambar diagram.

clip_image014

Data pada gambar diagram dapat secara otomatis diperbaharui apabila terjadi perubahan pada sumber data, hal ini dimungkinkan karena fitur Data Link and Data Graphics disertai dengan kemampuan untuk memperbaharui gambar diagram sesuai dengan pengaturan yang Anda inginkan.

Office Visio Professional 2007 juga memiliki kemampuan untuk digunakan bersama dengan beberapa produk Microsoft yang lain:

Desktop Aplications

  • Microsoft Office System (Word, Excel, PowerPoint, Access, dll)
  • Microsoft Office Project (Project Professional)

Server Applications

  • Microsoft Office SharePoint Server 2007
  • Microsoft Exchange Server
  • Microsoft Windows Server
  • Microsoft SQL Server
  • Microsoft BizTalk Server
  • Microsoft System Center Configuration Manager 2007
  • Microsoft System Center Operation Manager 2007

Hal ini membuat Office Visio Professional 2007 bukan sekedar alat menggambar diagram melainkan sebuah aplikasi yang sangat tepat untuk pekerjaan dan keperluan sebuah organisasi. Yang dapat mengakomodasi kepentingan/kebutuhan banyak pihak dalam sebuah organisasi/perusahaan.

Untuk mempermudah Anda menggunakan Office Visio Professional 2007 bersama dengan produk-produk tersebut diatas, Microsoft juga telah menyediakan beberapa add-in yang dapat Anda unduh dan gunakan secara gratis. Add-In tersebut dapat Anda unduh di http://visiotoolbox.com. Berikut adalah beberapa add-in yang dapat Anda unduh:

  • Visio Add-in for System Center Operations Manager 2007 R2 BETA
  • WBS Modeler Add-In
  • Rack Server Virtualization Add-In for Visio 2007 Pro
  • Visio for SQL Server Add-In
  • Microsoft Active Directory Topology Diagrammer
  • IconSet Builder
  • Microsoft Exchange Server 2007 Visio Add-in
  • Datacenter Storage Monitoring Add-In (NRTM)
  • SCOM & SCCM Add-In
  • PowerShell for Visio
  • Microsoft Baseline Security Analyzer for Visio
  • Software Upgrade Assessment Add-In
  • Folder Access Rights Map

Dapat Anda simak pada daftar diatas, Office Visio Professional 2007 tidak hanya bermanfaat bagi kalangan praktisi TI melainkan juga kalangan non-TI seperti human resources, business processes management, finance, engineering, dll.

Informasi lebih lanjut mengenai Microsoft Office Visio 2007 dapat Anda simak pada beberapa tautan berikut ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.