Facebook makin manis

Beberapa waktu belakangan ini, Facebook yang merupakan sebuah situs jejaring sosial di internet, semakin menarik perhatian banyak khalayak dan merangsang warga negara negeri ini untuk berpendapat dan beropini.

Dalam waktu 1 minggu terakhir ini saja, Saya sempat menyaksikan beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia mengangkat situs internet yang menyajikan layanan jejaring sosial Facebook sebagai tema dari beberapa acara yang ditayangkan di stasiun-stasiun tersebut.

Mungkin masih hangat dalam ingatan anda, ketika salah satu petinggi partai politik di Indonesia seperti ‘kebakaran jenggot’ karena mendapatkan penolakan kepada dirinya yang disuarakan melalui Facebook, menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum yang lalu. Belum lagi, masalah fatwa haram yang rencana-nya akan dihujamkan ke Facebook oleh salah satu lembaga ke-agamaan di negeri ini.

Bisa jadi karena meniru sepak terjang Presiden Amerika Serikat; Obama, yang sudah terlebih dahulu menggunakan Facebook sebagai sarana kampanyenya, menjelang Pemilihan Umum Presiden Republik Indonesia pada bulan Juli yang akan datang, Facebook juga menjadi salah satu media bantu bagi pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden yang dipilih untuk menjaring suara calon pemilih.

Kiranya pemilihan sarana kampanye online melalui situs internet seperti Facebook memang cukup menjanjikan. Simak saja laporan situs Alexa yang dapat Anda simak disiniĀ yang menempatkan Facebook pada urutan pertama diantara Twitter.com dan Myspace.com.

facebook1

Selain itu, pemilihan Facebook sebagai sarana kampanye juga tepat karena masih menurut Alexa, jumlah user Facebook yang berasal dari Indonesia masuk dalam 5 besar setelah Amerika Serikat, Inggris Raya, Italia, Perancis. Bahkan Indonesia didaulat sebagai urutan pertama sebagai penyumbang traffic terbesar ke server Facebook.

facebook2

facebook3

Informasi tersebut walaupun mungkin tidak mewakili informasi yang sebenarnya, tetap saja memberikan angin segar serta sebuah sarana yang cukup menjanjikan bagi para kandidat Presiden dan Wakil Presiden yang akan maju menuju Pemilihan Umum nanti. Terutama bagi para kandidat yang membidik para pemilih pemula yang rata-rata sudah akrab dan familiar dengan teknologi internet dan komunikasi (sms).

Agaknya memang, tren para pelaku politik sudah mulai benar-benar memperhitungkan anak muda sebagai lahan subur dimana mereka bisa menuai suara pada Pemilu nanti.

Terlepas dari hasilnya bagaimana nanti, paling tidak kita bisa mulai berharap agar dengan mulai diperhitungkan-nya suara anak muda dalam percaturan politik Indonesia, dapat membawa angin segar terhadap perubahan peta politik yang semakin dinamis serta dapat membawa secercah harapan bagi anak bangsa yang mungkin saat ini masih jauh dari mampu untuk dapat merasakan kemewahan mengakses internet.

Semoga.

Advertisements

17 thoughts on “Facebook makin manis

  1. bisa juga dilihat dari sisi lain… orang indonesia emang sangat suka berinteraksi dg orang lain, kongkow2, ngobrol2, kumpul2… jika dibanding bangsa lain, tampaknya kita emang punya kultur kuat disisi ini. dg kekuatan 230 juta populasi, bukan tidak mungkin angka stats ini akan lebih tinggi lagi di kemudian hari šŸ™‚

    Like

  2. Ini fenomena menarik

    1. Apakah orang Indonesia sangat sosial sehingga aktif berinteraksi, ataukah orang Indonesia pada nggak punya kerjaan sehingga membunuh waktu melalui aktivitas interaksi?

    2. Apakah aktivitas orang Indonesia di Facebook benar-benar membawa manfaat secara sosial dan psikologis ataukah hanya buang-buang waktu saja?

    Kedua pokok pikiran di atas kiranya lebih bermanfaat dibahas ketimbang soal haram atau halal… he he he…

    Anyway, congrats untuk ranking 5 bagi Indonesia *keplok*

    Like

  3. hehehe kedua pokok pikiran di atas memang menarik dan juga sudah memiliki jawabannya yang kita sendiri masing-masing tahu šŸ™‚ back to the question “what is Facebook for?” dengan segala fasilitas yang tersedia. Apapun itu, jawabannya pasti akan sangat bervariasi dan itu mencerminkan siapa pemakainya hohoho

    Congrats juga deh untuk rank 5 bagi Indonesia šŸ™‚

    Like

  4. hmmm…. facebook… terus terang aja buatq hanya sekedar untuk membunuh waktu yang menyenangkan karena ternyata bisa kembali berkumpul kawan lama…. ^_^
    jadi semuanya ada disitu, kurang kerjaan nya ada, manfaat sosial & psikologisnya jg ada… tergantung dari sisi mana menyikapinya dengan bijaksana & objective…

    Like

  5. ya itulah cerminan bangsa qt, makanya miskin dan tertinggal karena itu ga da kreasi dan inovasi yg bisa mengangkat martabat diri maupun keluarga&bangsa. buka inetrnet hanya tuk chat&date doank

    Like

  6. “Bahkan Indonesia didaulat sebagai urutan pertama sebagai penyumbang traffic terbesar ke server Facebook.”

    Interpretasi saya atas “Facebook traffic rank in other countries
    1 Indonesia, dst” kok beda ya. Alexa menganggap bahwa trafik terbesar *dari/ke Indonesia* ke/dari Internet adalah ke Facebook. Bukan berarti bahwa trafik terbesar dari/ke Facebook sedunia mengarah ke/berasal dari Indonesia.

    Like

  7. Pak Andika, setuju banget Pak. Saya memang harus lebih banyak latihan dan belajar bahasa londo iki šŸ˜€ Demikian, komentar dari Pak Andika sekaligus meralat artikel diatas.

    Like

  8. waduh boz.. salah pengertian kayaknya yg ini deh.. :

    “…Indonesia didaulat sebagai urutan pertama sebagai penyumbang traffic terbesar ke server Facebook….”

    yang benar adalah bahwa facebook.com adalah website nomor satu yang paling banyak diakses di indonesia pada saat ini. yang paling banyak diakses kedua dan ketiga (di indonesia) adalah google.co.id, kemudian yahoo.com. <– menurut http://www.alexa.com/topsites/countries/ID

    jadi bukan berarti pengakses facebook.com terbesar adalah orang indonesia. pengakses terbesar-nya tidak disebutkan disitu.

    semoga berkenan..

    Like

  9. waah…hebat yaah …hehe
    ampe negara kita ini nempatin urutan pertamax nya untuk urusan traffic…wellleh wellleh…untungnya ga pernah kena traffic jam ;p.
    mending latah teknologi dari pada latah yang enggak enggak..lanjut teruss..

    Like

  10. harusnya gw dpt apa ni?! gw tiap ari pesbukan nih, masa ga dpt hadiah apa2 dari pesbuk. ABS, kayanya sudah diralat sama admin di komentar nomer 9 d šŸ˜€

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s