Bermain dengan statistik

Jangan pernah mengira bahwa tulisan ini berkaitan dengan kalkulus, aljabar atau hal lainnya yang berkaitan dengan disiplin ilmu statistika yang memerlukan keseriusan dalam mempelajarinya.

Statistik tidak selalu rumit. Bahkan statistik bisa jadi menyenangkan dan membuat kita menjadi semakin tertarik untuk mendalaminya.

2 artikel saya sebelumnya diblog ini berkaitan dengan statistik yang dapat Anda simak disini dan disini. Bagaimana saya mendapatkan angka dan informasi yang kemudian saya gunakan sebagai bahan analisa statistik tersebut, dapat dengan mudah saya peroleh di internet.

Tidak dibutuhkan keahlian yang sangat luar biasa untuk mendapatkan informasi tersebut, selain diperlukan rasa ingin tahu saja. Selanjutnya internet yang akan membantu Anda.

Belakangan, dengan maraknya kampanye partai politik pada saat PEMILU yang lalu, lembaga-lembaga survei independen yang melakukan perhitungan cepat atas hasil PEMILU juga merebak dan berkembang, serta laris manis. Informasi yang mereka sampaikan, seakan menjadi santapan wajib bagi sebagaian besar warga negeri ini.

Bahkan mungkin tidak sedikit orang/pihak yang rela membayar mahal, informasi-informasi yang disajikan oleh lembaga-lembaga survei independen itu. Ya, informasi-informasi yang berkaitan dengan statistik tentunya.

Selain politik, banyak pihak yang dapat mengambil manfaat dari statistik, diantaranya adalah:

  • pelaku marketing
  • analis pasar uang
  • praktisi pendidikan
  • praktisi olah raga
  • praktisi perjudian

Dan lain sebagainya. Saya sendiri sejak bulan Oktober 2008 yang lalu, mulai aktif dalam memanfaatkan data/informasi statistik yang saya dapatkan dari sistem Business Intelligence yang digunakan ditempat saya bekerja. Hal ini berkaitan dengan pekerjaan saya yang menuntut dan mengharuskan saya untuk fasih memanfaatkan data/informasi statistik.

Dari data/informasi yang saya peroleh dari hasil data mining yang saya lakukan itu, saya mengetahui apa yang sedang terjadi, serta apa yang perlu saya lakukan dan keputusan apa yang saya harus ambil berkaitan dengan pekerjaan/bisnis yang saya jalankan. Walaupun saya belum terlalu mahir dalam menganalisa, namun saya sudah dapat merasakan manfaat dari hal tersebut.

Apabila Anda membaca tulisan ini, berarti mungkin saja Anda termasuk kedalam daftar:

  • 25.000.000 pengguna internet di Indonesia
  • 256.000 pengguna broadband internet di Indonesia

Darimana saya mendapatkan informasi itu? Lagi-lagi internet tentunya. Caranya? Cukup mudah banget. Yang Anda perlukan hanya kata kunci yang dapat Anda gunakan di mesin-mesin pencari di internet.

Jumlah +/- 25 juta pengguna itu tentu bukan angka yang sedikit dan kecil. Apa saja yang dilakukan oleh 25 juta pengguna internet itu? Wah, tentu saja bermacam-macam banyaknya.

Salah satu yang paling jamak dilakukan oleh pengguna internet di Indonesia, selain browsing, download, instant messaging adalah kegiatan komunitas di internet melalui mailing list atau group.

Terdapat banyak sekali situs-situs di internet yang menyediakan layanan jejaring sosial/komunitas di internet, diantaranya adalah: Yahoo! dan Google. Mari kita simak satu persatu beberapa data statistik di kedua situs tersebut.

Sebelum kita menyimak informasi lebih lanjut mengenai data/informasi statistik pada kedua situs tersebut, perlu saya sampaikan bahwa:

  • Analisa terhadap data/informasi yang ada dilakukan dengan menggunakan fasilitas masing-masing situs.
  • Data/informasi yang terdapat pada artikel ini, bisa jadi tidak mewakili data/informasi yang sebenarnya.
  • Metode analisa statistik saya lakukan sendiri dan secara bebas, tanpa mengikuti kaidah-kaidah statistik yang ada.
  • Akurasi analisa data/informasi pada artikel ini tidak dijamin keabsahan, keakuratan serta presisi-nya, selain mewakili inisiatif pribadi.
  • Kedua situs tersebut tidak menyediakan sarana/fasilitas analisa yang terlalu baik, sehingga saya menggunakan cara saya sendiri dalam melakukan analisa.

Yahoo! Group

  • Total grup pada situs Yahoo! Groups adalah sekitar 9.129.478. Grup-grup tersebut dibagi menjadi 17 kategori.
  • Grup pada kategori Regional (biasanya sih negara) adalah sekitar 233.482.
  • Indonesia berada pada urutan ke-3 dengan jumlah grup (pada kategori Regional) sebanyak 15.444 setelah India (37.645), Filipina (18.913) yang diikuti oleh Pakistan (6299) dan Turki (5218).

Google Groups

  • Total grup pada situs Google Groups yang menggunakan kategori Asia – Indonesia adalah sekitar 845.
  • Grup dengan kategori Asia – Indonesia ada peringkat 1 (pertama) pada daftar grup Google.
  • Ada 12 kategori grup pada Google yang menempatkan kategori Society pada urutan paling atas sebagai katergori grup dengan jumlah grup terbanyak.

Karena keterbatasan waktu dan karena saya juga sudah ngantuk, maka analisa yang saya lakukan dalam kisaran waktu sekitar 1 1/2 jam ini hanya mendapatkan informasi seperti yang sudah saya sebutkan diatas.

Apabila misalnya Anda ingin melakukan analisa Anda sendiri, silahkan menggunakan beberapa tautan sebagai berikut:

Informasi angka/statistik pada artikel ini sekali lagi tidak dijamin keakuratan-nya. Apabila Anda memiliki metode atau informasi yang lebih akurat, mohon kebaikan hatinya untuk meralat informasi yang terdapat pada artikel ini atau apabila Anda berkenan sudi kiranya untuk berbagi kepada saya.

Demikian. Semoga bermanfaat.

Advertisements

3 thoughts on “Bermain dengan statistik

  1. Indonesia lagi-lagi menang dalam hal jumlah
    Sosok Indonesia terhormat di antara nama-nama negara besar lainnya seperti AS, Rusia, India dan Cina

    Tapi, apakah interaksi orang Indonesia di internet benar-benar bermanfaat?

    Like

  2. Memang orang Indonesia termasuk bangsa yang lumayan jago termasuk dalam hal senyum, nomor satu di dunia. api koq korupsi bisa nomor satu juga ya?

    Like

  3. Mas Yulianus Ladung, saya senang sekali bisa ketemu Anda disini. Lain kali ngisi acara di kampus STIKOM Balikpapan ya Mas! Hubungi saya di 0811-5454-30. Let’s do something together in IT education.
    Salam
    Satria

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s