TechEd 2009

 

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2009 ini, Microsoft kembali menyelenggarakan Microsoft TechEd yang merupakan sebuah acara yang ditujukan bagi kalangan pelaku/praktisi Teknologi Informasi yang tertarik dan ingin mendapatkan pengalaman langsung serta mengetahui segala sesuatu yang baru serta lebih advance, baik terhadap produk/teknologi yang baru akan dirilis oleh, perangkat lunak pendukungnya, platforms dan juga layanan-layanan dari Microsoft beserta partner-partner bisnis Microsoft.

Pada tahun ini, sesuai dengan jingle-nya, TechEd 2009 mengambil tema Learning Lives Here, sebuah tema yang ingin menunjukan bahwa TechEd merupakan sebuah ajang bagi para praktisi TI untuk belajar hal-hal baru serta menyiapkan diri terhadap teknologi yang akan datang.

Tahun ini, TechEd 2009 diadakan dibeberapa negara mulai dari Afrika, Australia, China, Eropa, India, Jepang, Selandia Baru dan Amerika Utara. Namun, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, TechEd kali ini tidak diselenggarakan di Malaysia.

Ada sekitar 441 materi Break Out Session yang akan disampaikan selama 5 hari pelaksanaan TechEd 2009 kali ini. 441 itu tidak hanya berisi materi presentasi melainkan juga materi HOL (Hands On Lab). HOL inilah adalah sesi yang paling menarik diantara semua materi TechEd yang ada. Karena kebanyakan peserta TechEd adalah praktisi TI atau kerap pula disebut sebagai IT Pro.

441 materi itu dibagi menjadi beberapa topik atau subyek, yaitu:

– Architecture – Office and SharePoint
– Azure System Platform – Security, Identity, and Access
– Business Intelligence – SOA and Business Processes
– Database Platform – Unified Communication
– Development Practices – Virtualization
– Developer Tools, Languages, and Frameworks – Web and User Experience
– Green IT – Windows Client
– IT Strategy and Business Alignment – Windows Embedded
– Management – Windows Mobile
– Middle Tier Platform and Tools – Windows Server

 

Di Microsoft atau mungkin juga diorganisasi lainnya, ada semacam metrik dimana kita bisa menentukan dengan pasti kategori mana yang cocok dengan informasi/materi tertentu. Hal ini dimungkinkan, karena informasi/materi yang akan disampaikan terlebih dahulu diberi semacam peringkat atau rating. TechEd pun demikian, setiap informasi/materi memiliki rating-nya sendiri, yaitu:

– Level 200 (Intermediate): Specific Product/Technology technical drill-down
– Level 300 (Advanced): Product Migration, deployment, architecture, development
– Level 400 (Expert): Custom Code, scripts, application solution development, architect, infrastructure designs and solutions

 

Dengan adanya mekanisme peringkat atau rating semacam ini membantu para peserta TechEd untuk dapat menentukan informasi/materi apa yang cocok untuk dia pelajari atau ketahui. Mekanisme belajar seperti ini pula, seperti yang sudah saya rasakan sebelumnya, membantu saya lebih fokus terhadap apa yang ingin saya pelajari/ketahui.

Namun demikian, TechEd tidak melulu berisi kegiatan yang pasti dan memerlukan keseriusan dalam mengkuti-nya. Di TechEd selalu diimbangi dengan kegiatan yang bersifat fun, baik itu melalui permainan (yang biasanya diawaki oleh para rekan bisnis Microsoft), dan juga melalui TechEd Party yang selalu ada pada setiap penyelenggaraan TechEd.

Beberapa rekan bisnis Microsoft yang mendukung dan menjadi sponsor TechEd 2009 kali ini adalah seperti: DELL, Citrix, Oracle, EMC, HP, Cisco, APC, Intel, dan masih banyak lagi.

Dikarenakan semua informasi yang disampaikan pada saat penyelenggaraan TechEd ini adalah informasi/materi terbaru yang berkaitan dengan produk serta teknologi dari Microsoft dan para rekan bisnis, maka biasanya informasi/materi yang berasal dari TechEd 2009 selalu menjadi sesuatu yang dicari oleh banyak pihak, barangkali Anda juga demikian.

Pada TechEd 2009 kali ini, Microsoft sudah tidak lagi merilis DVD materi TechEd 2009 seperti pada tahun-tahun sebelumnya. Apabila Anda sudah terdaftar untuk mengikuti TechEd, maka Anda tidak perlu khawatir, karena Anda akan bisa mengakses semua materi TechEd tersebut, namun apabila Anda tidak terdaftar sebagai peserta namun Anda ingin dapat mengakses materi-materi TechEd tersebut dengan mekanisme sebagai berlanggan sebagai berikut:

Tech·Ed Online subscription for event non-attendees

$249 / annual subscription (limited time offer!)

Click here to purchase your annual subscription

Berikut beberapa tautan yang dapat Anda simak berkaitan dengan TechEd 2009.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s