SharePoint “14” menjadi SharePoint 2010

Pada tanggal 15 April 2009, Chris Capossela (Senior Vice President pada Microsoft’s Information Worker Product Management Group) mengumumankan beberapa produk baru Microsoft yang akan diluncurkan pada waktu dekat ini.

Beberapa produk tersebut adalah: Exchange 2010, Office 2010, SharePoint Server 2010, Visio 2010 dan Project 2010. Produk-produk tersebut akan secara berurutan tersedia untuk konsumsi publik, mulai dari tahap Beta (untuk Exchange 2010) dan tahap Technical Preview (untuk Office 2010, SharePoint Server 2010, Visio 2010 dan Project 2010).

Tidak terlalu banyak perubahan pada nama produk-produk Microsoft tersebut, selain pada versi dari tahun-nya saja, dari yang sebelumya versi 2007 menjadi versi 2010.

Terkecuali pada Microsoft SharePoint 2010. Yang pada versi sebelumnya kita kenal dengan Microsoft Office SharePoint Server, pada versi tersebut akan berubah menjadi Microsoft SharePoint Server.

Dapat Anda simak, bahwa sudah tidak ada lagi kata Office pada branding Microsoft SharePoint Server 2010 tersebut.

Alasan dari dihapusnya kata Office pada Microsoft SharePoint Server 2010 dimaksud oleh Microsoft agar para pelanggan/publik tidak bingung. Selain itu, Microsoft ingin menempatkan kembali branding Microsoft Office sebagaimana sebelumnya, yaitu Microsoft Office = aplikasi Office.

Namun demikian Microsoft SharePoint Server tidak dapat disingkat menjadi MSS, karena MSS sudah terlebih dahulu digunakan oleh Microsoft Search Server. Sehingga hal ini memperjelas bahwa SharePoint adalah SharePoint dan bukan yang lain-nya.

Berikut beberapa tautan yang berkaitan dengan hal ini:

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.