Yuk kerja yuk ..

Beberapa waktu yang lalu saya sempat berkeliling ke beberapa kampus untuk menyampaikan materi berkaitan dengan Project Management dan mengenai persiapan karir dibidang Teknologi Informasi.

Saya banyak mendapatkan pertanyaan dari para mahasiswa/mahasiswi yang rata-rata masih penuh dengan idealisme. Ada beberapa hal yang menarik dan ingin saya rangkum pada artikel ini sebagai bahan referensi bagi anda yang mungkin membutuhkan-nya.

  • Apakah harus berkarir dibidang TI?
  • Apa yang harus disiapkan untuk berkarir dibidang TI?
  • Bagaimana harus memulai karir dibidang TI?
  • Berapa gaji standar untuk pemula dibidang TI?
  • Informasi lowongan kerja diperusahaan TI?

Hampir dapat dipastikan bahwa tidak ada seorang pun yang dapat menjawab dengan pasti dari beberapa pertanyaan tersebut. Namun demikian, saya akan coba untuk merangkum jawaban saya berdasarkan pengalaman saya pribadi.

Apakah harus berkarir dibidang TI

TIDAK. Ya, jawaban-nya adalah tidak. Bekerja adalah sebuah bentuk dari ekspresi kita terhadap sebuah hal yang kita nikmati. Pekerjaan yang ideal adalah ketika kita, berapapun yang kita dapatkan, kita tetap dengan senang hati dan gembira melakukan-nya. Kalaupun anda memiliki latar belakang pendidikan TI tidak berarti anda harus menjadi seorang praktisi TI. Anda bisa menjadi apa saja yang anda ingin apabila memang anda memiliki kompetensi dan memenuhi segala syarat yang diharuskan untuk pekerjaan tersebut.

Berapapun hasil yang anda dapatkan dari pekerjaan yang anda lakukan, namun apabila anda tidak menikmati apa yang anda lakukan itu, besar kemungkinan hasil pekerjaan anda tidak akan maksimal dan tidak dapat mewakili kompetensi anda. Hal ini sudah sering saya dapati, dimana ketika seseorang bekerja hanya sekedarnya saja, maka hasil pekerjaan orang tersebut cenderung akan menyusahkan orang lain yang berada pada lingkungan tempat dia bekerja.

Lantas, apakah berkarir dibidang TI itu harus bekerja pada sebuah perusahaan? Jawaban-nya juga TIDAK. Apabila anda merasa lebih nyaman bekerja sebagai tenaga lepas/free-lance maka jangan paksakan diri anda.

Apa yang harus disiapkan

Sebagaimana layaknya bidang pekerjaan lain, berkarir di TI juga memiliki beberapa kriteria tertentu untuk bisa sukses menjalaninya. Kriteria sukses juga tergantung pada jenis pekerjaan yang akan anda lakukan. Apakah anda memilih untuk bekerja pada fungsi teknis TI (system engineer, software engineer, network engineer, project engineer, system administrator, email administrator, web administrator, database administrator, technical consultant, security specialist, dll) dan fungsi manajemen TI (sales manager, client representative, business manager, dll), fungsi-fungsi tersebut memiliki KPI (Key Performance Indicators)-nya masing-masing.

Dari itulah, apabila ada pertanyaan berkaitan dengan kriteria sukses dari masing-masing fungsi, tentu kita harus terlebih dahulu memahami apa tujuan fungsi dari pekerjaan yang akan kita lakukan tersebut. Setelah memahami apa yang akan ingin kita lakukan, baru kita dapat dengan pasti menentukan apa saja yang harus kita persiapkan.

Beberapa hal yang lazim menjadi sebuah pra-syarat agar bisa mendapatkan pekerjaan yang kita inginkan adalah sebagai berikut (selain nilai akademis yang baik).

  • Sertifikasi profesional sesuai dengan kompetensi
  • Pengetahuan dan pemahaman akan industri pekerjaan yang akan kita masuki
  • Soft-skill (kemampuan berkomunikasi, kepatuhan, insiatif, kreatifitas, dll.

Seringkali, apa yang anda dapat ketika masih berada dibangku sekolah tidak memberikan anda keterampilan yang cukup, terlebih apabila anda hanya mengandalkan nilai akademis saja. Apabila anda memutuskan menjadi seorang pekerja TI, ada banyak hal lain yang sering kali menjadi tuntutan perusahaan calon majikan kita dalam menentukan pilihan-nya terhadap calon pekerja. Diantaranya adalah seperti yang sudah saya sampaikan diatas tadi.

Bagaimana harus memulai karir dibidang TI?

Sepertinya tidak ada pakem atau panduan yang jelas dalam hal ini. Setiap orang bisa memiliki cara-nya masing-masing. Namun apabila anda saat ini masih duduk dibangku sekolah/kuliah, berikut beberapa hal yang patut anda pertimbangkan dan sebaiknya anda mulai lakukan sejak awal.

  • Buatlah profile online anda di internet. Tidak ada salahnya anda membuat profile online seperti di LinkedIn atau BranchOut (bagian dari Facebook) sebagai langkah awal untuk ‘memasarkan’ diri anda di dunia kerja.
  • Coba masuk kedalam komunitas berbasis kompetensi, misalnya mailing-list, group discussion, yang saat ini sudah banyak tersedia di internet. Anda tinggal menentukan bakat/minat yang ingin anda dalami. Misalnya: apabila anda ingin menjadi seorang programmer yang fasih, selain tentu sesering mungkin menulis kode anda sendiri, juga bergaul dengan sesama programmer, misalnya cobalah bergabung dengan IEEE, ISACA, dll.
  • Jangan terlalu terpaku dengan kegiatan akademis saja. Selain bakat berkesenian, berolah raga, dll, bakat anda berorganisasi juga menjadi salah satu faktor pendukung bagi anda untuk mulai masuk kedalam sebuah organisasi yang lebih besar (baca: perusahaan). Dimana melalui organisasi disekitar kampus, anda dapat belajar untuk mulai berorganisasi secara baik. Tidak tertutup kemungkinan anda menjadi seorang pembesar ditempat anda berkarir nanti.
  • Manfaatkan masa-masa magang (PKL) sebagai sarana untuk lebih mengenal dunia kerja. Karena pada dunia kerja, anda dihadapkan pada banyak kepentingan. Kepentingan anda sendiri sebagai karyawan magang, kepentingan rekan sejawat, kepentingan perusahaan, kepentingan atasan, kepentingan rekan bisnis, dll. Melalui hal ini anda dapat lebih belajar untuk mulai beradaptasi dengan dunia kerja.
  • Sedapat mungkin menjabarkan diri anda sendiri sejak awal. Caranya bisa melalui karya anda pada blog pribadi, kode yang anda tulis sendiri, artikel yang anda buat dan dimuat dimedia massa, dll. Hal ini sangat membantu. Ada beberapa kawan yang memulai karir TI-nya melalui hal-hal semacam ini. Mereka membentuk serta membangun personal image mereka melalui hal-hal sederhana seperti itu. Yang membuat mereka menjadi dikenal oleh perusahaan calon majikan.

Berapa gaji standar untuk pemula dibidang TI

Hm, untuk yang satu ini seperti tidak ada acuan baku. Pada banyak perusahaan, departmen Teknologi Informasi/Sistem Informasi masih dianggap sebagai cost center atau sebagai entitas dari bagian bisnis perusahaan yang tidak menghasilkan apa-apa selain hanya bersifat sebagai layanan pendukung saja.

Hal ini tentu menjadi sebuah momok tersendiri bagi para praktisi TI. Mengapa? Karena bila anda bekerja pada sebuah perusahaan yang kegiatan bisnis utama-nya tidak bergerak dibidang TI, maka hampir bisa dipastikan gaji anda tidak akan bisa menyamai pekerja lain diperusahaan yang sama namun mereka berada pada entitias bisnis perusahaan yang berkaitan langsung dengan kegiatan utama bisnis perusahaan anda.

Namun demikian, sebagai acuan bebas, anda dapat menggunakan referensi gaji yang dibuat oleh Kelly Services, Ltd yang dapat anda simak disini.

Informasi lowongan kerja diperusahaan TI

Berikut adalah daftar informasi lowongan pekerjaan pada beberapa perusahaan TI yang ada didunia. Harap dimaklumi apabila daftar berikut ini masih jauh dari sempurna dan lengkap. Daftar berikut ini adalah pemuktahiran data dari daftar sebelumnya yang sudah saya buat disini.

No Nama Perusahaan
1 BMC
2 Cisco
3 CommVault
4 Dell
5 EMC
6 F5
7 Fujitsu
8 Google
9 Hitachi Data Systems
10 HP
11 Huawei
12 HTC
13 IBM
14 Intel
15 Juniper
16 Lenovo
17 McAfee
18 Microsoft
19 NetApp
20 Nokia
21 Oracle
22 Qualcomm
23 RSA
24 Samsung
25 SAP
26 Symantec
27 Trend Micro
28 VMware
29 Yahoo

Demikian. Semoga bermanfaat.

Advertisements

2 thoughts on “Yuk kerja yuk ..

  1. ada satu yg sangat penting ….. silaturahmi a.k.a networking

    bergaul dan menjalin pertemanan akan memperluas jejaring sosial, hal ini sangat penting di jenjang manapun dalam berkarir

    mungkin ini bisa jadi salah satu bagaimana cara memulai karir di bidang IT, carilah kenalan yg sudah di dunia ini …. contoh nya ya pak ladhung ini 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s