Server Wave 2008 – Balikpapan

Selamat Pagi …

 

Apabila tidak ada aral melintang, pada tanggal 15 Mei 2008 nanti, akan dilaksanakan Server Wave 2008 post launch di Balikpapan Kalimantan Timur.

 

Kegiatan/acara ini masih merupakan satu kesatuan dari rangkaian kegiatan launching Microsoft Windows Server 2008, Microsoft Visual Studio 2008 dan Microsoft SQL Server 2008 yang sebelumnya telah diawali dengan server launch pertama di Los Angeles dan dibuka langsung oleh Steve Ballmer yang merupakan CEO (Chief Executive Office) Microsoft Corporation. Server Wave 2008 ini telah dan akan dilaksanakan dilebih dari 200 kota di dunia. Dan telah dilaksanakan pula di Indonesia yang dokumentasi-nya dapat Anda simak disini.

 

Setelah Jakarta dan Surabaya, maka kota selanjutnya di Indonesia yang akan disinggahi oleh Server Wave 2008 adalah kota Balikpapan dan kota Makassar.

 

Sebagai sebuah kesatuan dari acara utama di Los Angeles, maka tema serta materi post-launch kali ini pun tentu tidak akan jauh berbeda dengan materi pada Server Wave 2008 lainnya. Perbedaan hanya terdapat pada jumlah penyampai materi dan juga variasi materi yang akan disampaikan. Terjadi perbedaan, karena tentu-nya pada post-launch waktu, sarana dan pra-sarana yang tersedia tidak selengkap acara induk-nya. Namun demikian, dijamin bahwa post-launch Server Wave 2008 akan memberikan penyegaran dan wacana baru. Terutama bagi kalangan ITPro dan Developer.

 

Diharapkan, dengan menghadiri acara ini, Anda dapat benar-benar mendapatkan sebuah pengalaman baru dalam berkomputasi. Terutama bagi mereka yang selama ini bergelut dengan Teknologi Informasi dikalangan korporasi maupun organisasi. Banyak kemudahan dan value baru yang ditawarkan oleh Microsoft melalui teknologi-teknologi terbarunya.

 

Kenapa Balikpapan?

 

Hm, bukan kebetulan karena saya berasal dari kota minyak itu, melainkan juga karena Microsoft Indonesia melihat potensi yang sangat luar biasa dikalangan pelaku Teknologi Informasi di Balikpapan. Sebagaimana yang barangkali sudah Anda ketahui, bahwa kota Balikpapan adalah sebuah daerah yang bisa dikatakan sebagai buffer dari pulau Kalimantan. Sebuah kota yang perlahan namun pasti mulai beralih dan berkembang dari sekedar Daerah Tingkat II menjadi sebuah daerah semi-metropolitan.

 

Hal ini dapat kita saksikan dengan tingkat pertumbuhan penduduknya yang sedemikian pesat dan merebak, tingkat pertumbuhan bisnis properti (perumahan, apartemen, pusat perbelanjaan, dll) yang juga kian meningkat, serta dengan dibangun-nya pusat perkantoran dari berbagai macam industri, terutama industri-industri yang ada kaitannya dengan perminyakan dan gas bumi, pertambangan batu-bara maupun industri lainnya. Yang para pemain di industri itu mayoritas adalah perusahaan-perusahaan raksana dan kelas dunia, sebut saja BHP Billiton, Chevron, Total E&P Indonésie, VICO, Medco, Pertamina, Berau Coal, Thiess Contractors Indonesia, Schlumberger, Halliburton, Weatherford, BJ Services, Baker Hughes, dll.

 

Bahkan saya pernah membaca pada sebuah harian lokal di Kalimantan Timur, sempat ada wacana relokasi warga korban lumpur Lapindo di Sidoarjo ke Balikpapan. Hal tersebut merupakan salah satu bukti nyata, bahwa Balikpapan memang sebuah daerah/kota yang ‘sangat manis’ bagi mereka yang ingin mencoba peruntungan-nya.

 

Maka tentu tidak salah, apabila Balikpapan kemudian menjadi salah satu tempat singgah-nya Server Wave 2008 di Bumi Etam tercinta. Karena sebagai sebuah buffer maka diharapkan, Server Wave 2008 Post Launch kali ini diharapkan dapat dihadiri oleh rekan-rekan ITPro maupun Business Users tidak saja dari Balikpapan dan sekitarnya, melainkan dari daerah-daerah diluar Balikpapan dan bahkan diluar provinsi Kalimantan Timur.

 

Selain itu pula, memang sudah sepantasnya dan selayaknya-lah, Balikpapan mendapatkan porsi perhatian khusus. Karena sebagai sebuah daerah yang merupakan salah satu tulang-punggung di kawasan Indonesia Timur, Balikpapan (khususnya) dan Kalimantan Timur (umumnya) adalah daerah yang memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.

 

Dan juga karena daerah tersebut, merupakan sebuah wilayah yang masih belum masuk kedalam daftar jenuh di Indonesia, tidak seperti Jakarta (khususnya) dan pula Jawa (umumnya) yang sudah sedemikian padat dengan berbagai macam aspek kehidupan maupun bisnis. Semoga suatu saat nanti, rekan-rekan ITPro, Developer maupun pelaku Teknologi Informasi di Bumi Etam dapat berbuat sesuatu demi bangsa ini seperti yang ditulis oleh Narenda Wicaksono.

 

Anyway, entry ini tentu saja bukan sebagai sebuah pengumuman resmi, melainkan sekedar sharing mengenai sebuah rencana yang semoga saja dapat terlaksana. Server Wave 2008 post launch kali ini akan didukung oleh majalah InfoKomputer, Iverson, MUGI Balikpapan dan rencana-nya juga akan didukung oleh harian Tribun Kaltim.

 

Berikut adalah un-official rundown dari Server Wave 2008 post launch di Balikpapan, tersebut:

 

08.00 – 08.15 Opening

08.15 – 09.15 New Features Overview Windows Server 2008 + Virtualization (Microsoft Indonesia)

09.15 – 10.00 Business Intelligence with SQL Server 2008 (CPLS)

10.00 – 10.15 Break Time

10.15 – 11.15 New Features Overview Visual Studio 2008 (Microsoft Indonesia)

11.15 – 12.00 Windows Server 2008 : Branch Management (Demo by Microsoft Indonesia)

12.00 – 12.45 Case Studies & Sharing from IT Komunitas Balikpapan (Komunitas)

12.45 – finish Lunch time, booth & finish

 

Sampai berjumpa di Server Wave 2008 Post Launch Balikpapan and let’s the HEROES HAPPEN in Balikpapan.

Advertisements

4 thoughts on “Server Wave 2008 – Balikpapan

  1. Mas.. long time no see.. emang gak pernah see haahaha..
    Aku tertarik dengan yang satu ini, sejak ngikutin tulisan2 mas tentang Windows Server 2008, utamanya setelah review Server Core-nya.. huuuu.. itu baru server.. gak pake banyak aksesoris..
    Kalau pengen ikut, mesti daftar dimana mas ? Thanks anyway..

    Like

  2. Mas Arip, kayanya emang kita belum pernah ketemu ya … hehehe. Semoga saja rencana kegiatan ini jadi. Kalau memang nanti sudah ada informasi mengenai cara pendaftaran, pasti akan saya beri kabar selanjutnya. Untuk dapat mengetahui lebih banyak mengenai Windows Server 2008, dapat bergabung di WSS-ID. Dijamin gratis dan harusnya sih dapat membantu.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s