NISN = Nomor Induk Siswa Nasional

Total Siswa yang terdaftar pada 04/05/2008 pk.00:05:06. = 42.360.873 orang.

 

Kutipan diatas adalah merupakan data siswa/pelajar/mahasiswa di Indonesia yang terdaftar pada situs NISN yang dikelola oleh Bagian Sistem Informasi – Biro Perencanaan dan KLN DEPDIKNAS. Yang merupakan salah satu bukti nyata dari program JARDIKNAS.

 

Sesuai dengan yang tercantum pada situs tersebut, pengertian dari NISN adalah sebagai berikut:

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah kode pengenal siswa yang bersifat unik dan membedakan satu siswa dengan siswa lainnya.

 

Penerapan kode pengenal siswa selama ini masih belum ada standar yang baku. Aturan penyusunan kode pengenal siswa antar satu sekolah bisa berbeda dengan sekolah lain. Dengan mekanisme pemberian kode pengenal siswa yang tidak baku secara nasional, maka rentan terjadinya data siswa ganda yang pada akhirnya sulit untuk mendata secara akurat data siswa-siswa di Indonesia.

 

Akibat dari tidak adanya standarisasi ini, muncul kesulitan dalam proses manajemen pengelolaan data siswa dalam skala nasional. Karena itu dirasa sangat penting untuk melakukan standarisasi kodifikasi yang diterapkan kepada seluruh siswa di Indonesia. Dengan standarisasi ini, NISN akan benar-benar bersifat unik dan menjadi pembeda utama antar satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh Indonesia.

 

Situs ini benar-benar memiliki sebuah fungsi yang sangat baik. Karena dengan memanfaatkan situs ini, kita dapat melakukan pencarian terhadap data siswa/pelajar/mahasiswa yang berada di Indonesia. Data-data tersebut berasal dari 33 propinsi di negeri ini.

 

Bahkan pada situs tersebut, terdapat sebuah halaman yang memuat data rekapitulasi siswa/pelajar/mahasiswa berdasarkan propinsi dan tingkat pendidikan di 33 propinsi.

 

Layaknya situs-situs publik, maka pada situs tersebut Anda juga dapat melakukan pencarian informasi mengenai informasi siswa/pelajar/mahasiswa berdasarkan NIS-nya.

 

Situs ini juga memiliki tautan dengan situs Nomor Pokok Sekolah dan Nomor Induk Guru. Namun barangkali karena masih dalam tahap pengembangan, maka situs Nomor Pokok Sekolah dan Nomor Induk Guru (sampai dengan saya membuat posting ini) masih belum dapat dikunjungi.

 

Untuk saat ini, saya memang tidak berkepentingan langsung dengan pengelolaan dan/atau dunia pendidikan. Namun hal ini sungguh menarik untuk disimak dan diperhatikan. Paling tidak, saya dan Anda sebagai warga negara ini yang membayar pajak, kita dapat menyaksikan langsung apa yang sudah negara ini lakukan dengan pajak yang kita bayarkan tersebut.

 

Barangkali suatu saat nanti, ketika saya sudah berkeluarga dan memiliki anak, maka situs ini akan sangat membantu sekali.

 

Oiya, situs NISN itu beralamat disini sedangkan situs DEPDIKNAS beralamat disini. Blog lain yang memuat entry tentang ini adalah milik Jim Geovedi.

Advertisements

2 thoughts on “NISN = Nomor Induk Siswa Nasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s