FOBIA

Fobia yang saya maksud bukanlah fobia yang berarti:

fo·bia n ketakutan yg sangat berlebihan thd benda atau keadaan tertentu yg dapat menghambat kehidupan penderitanya

 

sebagaimana yang tercantum pada situs Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Melainkan Fobia yang saya maksud disini adalah singkatan dari Fotografer Balikpapan. Yupe, FOBIA adalah sebuah klub para penggemar fotografi yang berada di Balikpapan.

 

Hum, emang apa asiknya ya fotografi itu.

 

Sering sekali memang saya mendapatkan pertanyaan dari beberapa kawan. Menurut mereka, selain karena perangkat-nya terbilang mahal, juga kok ya seperti-nya lebih menyenangkan jadi objek yang dipotret ketimbang yang motret. Hehehe … tentu saja, kalau bicara hobi, maka kita tidak akan dapat menggunakan dalil logika dalam menanggapi-nya.

 

Eniwei, belakangan ini penghobi fotografi di Indonesia menjadi sedemikian merebak. Coba simak saja pada Fotografet.net atau yang kerap dikenal juga dengan singkatan FN (sebuah situs yang menjadi referensi bagi para penggemar dan pelaku fotografi di Indonesia) dapat Anda simak informasi sebagai berikut:

Ditemukan 40040 data ditampilkan dalam 2002 halaman.

 

sebuah angka yang fantastis bukan untuk ukuran sebuah hobi.

 

Atau apabila Anda perhatikan pada Yahoo! Groups yang memberikan layanan grup/perkumpulan secara gratis itu, maka Anda akan bisa mendapatkan informasi 94 group yang menggunakan kata FOTOGRAFER sebagai nama dari grup/perkumpulan-nya.

 

Sebuah fenomena yang menarik untuk dicermati tentu. Bukan karena kecanggihan atau mahal-nya (ga mahal dong, karena motret pakai ponsel juga masuk kategori fotografi) harga perangkat yang digunakan, melainkan lebih kepada betapa fotografi oleh masyarakat bukan lagi dianggap sebuah hal yang perlu ga perlu, melainkan fotografi sudah mulai disadari memiliki makna yang lebih dalam, yaitu: seni dan keindahan.

 

OK, kalau gitu apa kaitan-nya dengan FOBIA itu sendiri. Tentu saja berkaitan banget, karena FOBIA malam kemarin ternyata sudah berumur (CMIIW) 3 — harusnya ke 2 tahun dibentuk dan berdiri di Balikpapan. Dan pada perayaan ultah FOBIA kemarin malam itu, terpilih sebagai ketua adalah Hilman Fajar yang merupakan salah satu fotografer handal kota Balikpapan. Ketua FOBIA sebelumnya adalah Jaka Fahrial dan Irfan Firmansyah.

 

FOBIA sebagai sarana berkumpul-nya para penghobi fotografi di Balikpapan, diharapkan dapat menjadi media belajar dan berbagi pengetahuan serta pengalaman dalam ber-fotografi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai FOBIA, Anda dapat bergabung pada milis ini.

 

Gitu deh. Now is time for me to key-in all my expenses report …

Advertisements

17 thoughts on “FOBIA

  1. @ Anton: yoa bro. aku juga lagi menunggu kiriman foto-fotonya waktu itu. Pak Hilman Fajar sebagai ketua belum memberikan titah apa-apa nih 🙂

    Like

  2. Sebenarnya emank dah 3 th. tapi 1 th pertama blom resmi dgn nama FOBIA gitu kali…
    dulu2 nya masih FERSAMI (kata bung Anton) fotograFER SAbtu & MInggu hehehhe….

    Keren kaleee blog nya..

    Like

  3. @ Erick: bro, gw sih ngikut suara terbanyak aja deh … hehehe … jagoan kita (Antonius Yuniarko) tuh yang dulu juga ngomporin saya ikutan FOBIA, walaupun dulu baru sebatas jadi groupies saja 🙂 eniwei, masih banyak blog yang lebih keren dari ini, kalau yang saya punya ini sih masih amatiran kaleee 🙂

    Like

  4. makasi bro Ladung.. keren blog nya broo…
    foto2nya sebetulnya banyak bro tapi yg di share sedikit bgt. cuman foto keluarga. 😀
    @Herman : tatap muka lebih baik mas 🙂

    Like

  5. @ Hilman: bro, trus mana link-nya ya? penasaran aja nih. jangan-jangan fotoku nanti disalahgunakan .. wuahaha. eniwei, @ Herman yang dimaksud itu sapa ya?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s