Bekerja dengan XPS

Ketika kita bekerja menggunakan aplikasi komputer, kita selalu akan mendapatkan bahwa kita bekerja dengan banyak format dokumen, seperti: .DOC, .DOCX, . XLS, .XLSX, .JPG, .BMP, .GIF, .PDF, dll.

Dokumen-dokumen tersebut menandai aplikasi apa yang bisa kita gunakan untuk membuka/bekerja dengan dokumen tersebut.

Dari sekian banyak format dokumen tersebut, .XPS adalah satu diantaranya. Apabila Anda sehari-hari bekerja dengan dokumen teks bisa jadi suatu saat nanti Anda akan menerima sebuah dokumen dalam format .XPS.

Tidak hanya sebagai end user, melainkan Anda yang bekerja sebagai profesional TI dan pengembang aplikasi juga dapat bekerja dengan XPS.

Apa itu XPS

XPS merupakan singkatan dari XML Paper Specification sebuah format dokumen baru yang pada bulan Juni 2009 telah diakui dan resmi menjadi Open Standard. Yang berarti, XPS akan menjadi standar umum dan diakui secara internasional, sehingga akan dapa digunakan oleh banyak pengembang aplikasi komputer dan juga pengguna-nya.

XPS yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation ini diawal bernama “Metro”. Sesuai dengan namanya, XPS adalah format dokumen yang dikembangkan dengan teknologi XML atau lebih tepatnya XAML. Bekerja dengan XPS tidak berbeda ketika Anda bekerja menggunakan format dokumen PDF.

Anda juga dapat menggunakan format XPS untuk mengontrol siapa yang berhak menyimak serta melakukan perubahan terhadap dokumen yang Anda buat agar tidak dapat diperbanyak atau dokumen tersebut tidak ‘jatuh’ ke pihak yang tidak berwenang.

Menggunakan XPS

Anda tidak perlu membeli aplikasi khusus untuk dapat bekerja dengan XPS. Apabila Anda sudah memiliki aplikasi-aplikasi berikut, maka Anda sudah dapat bekerja dengan XPS:

  •  Microsoft Windows XP (yang sudah dilengkapi dengan Microsoft .NET Framework 3.0)
  • Microsoft Windows Vista (Home Basic, Home Premium, Business, Ultimate Edition)
  • Microsoft Office System 2007

Dengan menggunakan menu PRINT pada aplikasi web browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, dll), atau aplikasi lainnya serta menu SAVE AS pada Microsoft Office System 2007, Anda sudah bisa membuat sebuah dokumen dalam format XPS.

Microsoft XPS Document Writer yang terdapat pada sistem operasi Windows yang sudah saya sebut diatas menawarkan beberapa kemampuan yang dapat Anda gunakan terhadap dokumen XPS yang Anda buat, yaitu:

Permissions: Layaknya aplikasi Adobe Professional, Anda dapat dengan cuma-cuma memberikan ijin dan memilih siapa yang dapat melakukan perubahan dan menyimak dokumen XPS yang sudah Anda buat.
Signatures: Anda juga dapat menerapkan mekanisme Digitally Signature (Tanda Tangan Digital) pada dokumen yang sudah Anda buat.
Outline: Apabila dokumen XPS yang Anda buat memiliki resensi/outline maka penerima dokumen XPS dapat memilih untuk menyimak resensi dokumen XPS Anda saja.

Dan beberapa fitur yang dapat Anda gunakan. Gambar dibawah adalah sebuah dokumen XPS yang saya buat dan saya buka dengan menggunakan Microsoft XPS Document Writer.

Tidak sulit bukan bekerja dengan XPS? Apabila Anda tidak mendapati pilihan mencetak atau menyimpan dalam bentuk XPS, berikut ini beberapa tautan yang dapat Anda gunakan untuk dapat bekerja dengan XPS.

Advertisements

3 thoughts on “Bekerja dengan XPS

  1. Yang jadi permasalahan adalah ketika membuka XPS Dokumen jika default browser anda bukanlah Internet Explorer karena browser lain seperti Firefox, Chrome, Safari ataupun Opera belum mendukung format XPS.

    Untuk informasi kalau XPS Viewer punya Microsoft dihosting oleh Internet Explorer, dan supaya anda bisa membuka XPS Dokumen IE harus menjadi default browser anda.

    Permasalahan di atas bisa diatasi dengan menginstall XPS Viewer yang berdiri sendiri (Standalone XPS Viewer). Microsoft juga mengeluarkan XPS Viewer EP yang tidak bergantung terhadap IE akan tetapi banyak fiture yang dihilangkan seperti Digital Signature dll.

    Anda bisa mencoba XPS Annotator (buatan orang Indonesia). XPS Annotator adalah XPS Viewer yang berdiri sendiri (tidak tergantung pada Internet Explorer).

    Dengan XPS Annotator anda bisa memberi catatan, komentar dan highlight terhadap XPS Dokumen, mendukung Digital Signature, pemberi dokumen properti untuk XPS Dokumen dan adanya sidebar seperti pada Adobe Reader.

    Anda bisa mendapatkan XPS Annotator gratis di: http://download.cnet.com/XPS-Annotator/3000-10743_4-10912169.html atau http://www.danetsoft.co.cc/?q=blog-xadesc

    Dengan menginstall XPS Annotator anda akan tau bagaimana kalau XPS Viewer buatan Microsoft bila disandingkan dengan XPS Viewer buatan orang Indonesia 🙂

    Like

  2. @danprobo: Terimakasih atas infonya, saya udah coba tuh XPS Annotator dan wow keren abis. XPS Viewer di Windows XP dan Vista emang sangat-sangat mengecewakan. Moga makin banyak software buatan anak negeri yang bagus dan bisa bersaing sama software luar.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s