Catatan dari Canon Grand Presentation 2015 – Indonesia

Sesuai dengan janji saya sebelumnya disini, kali ini saya ingin merangkum kegiatan peluncuran produk baru dari Canon, yaitu Canon EOS 5DS dan Canon 5DS R yang telah berlangsung pada tanggal 30 Mei 2015 yang lalu.

Peluncuruan produk tersebut dikemas dalam bentuk presentasi fotografi serta jumpa pers,  dan pameran produk-produk dari Canon, termasuk didalamnya adalah kedua produk terbaru tersebut.

Saya beruntung karena telah diberi kesempatan untuk mencoba Canon EOS 5DS R dalam kegiatan fotografi industrial yang saya lakukan tepat 1 minggu sebelum pelaksanaan kegiatan peluncuran tersebut.

Selama 4 hari mendapatkan penugasan dari PT. Pertamina EP untuk membuat dokumentasi visual dari salah satu SP (Stasiun Penampungan) Gas serta kegiatan-kegiatan yang terdapat pada lokasi kerja PT. Pertamina EP di lapangan Subang, Jawa Barat. Kabupaten Subang, dalam pembagian lokasi kerja PT. Pertamina EP, masuk dalam teritorial Asset 3.

Kabupaten Subang tidak hanya memiliki deposit sumber daya alam yang melimpah, namun juga memiliki pemandangan serta alam yang menarik untuk dijelajahi dan didokumentasikan.

Canon Grand Presentation Asia 2015 – Jakarta

Antusiasme penggiat serta praktisi yang menghadiri kegiatan ini sungguh luar biasa. Bahkan menurut informasi yang saya peroleh dari panitia, bahwa panitia terpaksa harus menutup pendaftaran secara online karena sudah melebihi kapasitas. Bahkan jatah kursi yang disediakan untuk pendaftaran ditempat juga tidak butuh banyak waktu untuk kemudian tidak tersisa.

Bisa jadi antusiasme itu karena penasaran karena untuk pertama kali ada produk DSLR dengan resolusi 50 Mega Pixels, atau mungkin juga hal tersebut menunjukan bahwa Canon masih merupakan pilihan kamera bagi banyak praktisi fotografi.

Acara ini dibagi menjadi 2 bagian. Sesi pertama ditujukan bagi para jurnalis, dan dilaksanakan pada pagi hari. Lantas sesi kedua diperuntukan bagi publik dan dilaksanakan tepat setelah waktu makan siang.

Diwali dengan pembukaan oleh Sintra Wong, Division Manager of Canon Image Communication Product Division – PT. Datascrip.

“Canon EOS 5DS dan EOS 5DSR hadir menjawab kebutuhan para pecinta fotografi yang membutuhkan hasil foto yang memuaskan dengan detail yang menakjubkan. Dengan beragam kelebihan dan keunggulan di dalamnya, kedua kamera ini cocok untuk digunakan mulai dari para penggiat fotografi landscape, foto studio hingga untuk kebutuhan fotografi komersial memerlukan resolusi tinggi,” ujar Sintra Wong.

Sinta Wong
Sintra Wong, Division Manager of Canon Image Communication Product Division – PT. Datascrip.

 

Setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan teknis produk mengenai Canon EOS 5DS dan Canon EOS 5DS R oleh Yase Defirsa Cory, Marketing Manager Product Division  -PT. Datascrip.

“Kedua kamera ini menargetkan para fotografer yang membutuhkan kamera beresolusi tinggi dan detail. Secara kecepatan, EOS 5Ds dan EOS 5DsR setara dengan EOS 6D dan EOS 5D Mark III. Namun untuk resolusi, kedua kamera DSLR anyar tersebut menang jauh,” Yase Defirsa Cory.

Session1_014
Yase Defirsa Cory, Marketing Manager Product Division – PT. Datascrip.

 

Acara dilanjutkan dengan jumpa pers/press conference yang digawangi oleh Yase Defirsa Cory. Kami bertiga (Yase, Kevin Ou dan saya) berbagi kepada para jurnalis yang hadir ketika itu mengenai pengalaman kami ketika berkesempatan menggunakan Canon EOS 5DS dan Canon 5DS R. Tentu dengan perspektif kami masing-masing; dimana Kevin Ou dengan kegiatan fotografi potraiture, selebritis serta fotografi komersial yang dia tekuni.

Sedangkan saya berbagi mengenai pengalaman saya ketika melakukan kegiatan fotografi industrial dengan menggunakan Canon EOS 5DS R, serta mengapa saya memilih menggunakan Canon EOS 5DS R.

Sayang sekali pada saat jumpa pers tersebut, Indra Leonardi berhalangan hadir dikarenakan ada satu dan lain hal pada saat yang bersamaan.

Jumpa Pers; Ki-Ka: Yase Defirsa Cory, Kevin Ou dan saya.
Jumpa Pers; Ki-Ka: Yase Defirsa Cory, Kevin Ou dan saya.

 

Presscon&Launching_048
Ki-Ka: Kevin Ou, Merry Harun (Canon Division Director PT. Datascrip) dan saya.

 

Tidak terasa waktu matahari mulai naik, dan para peserta satu persatu mulai berdatangan. Baik mereka yang telah mendaftar secara online maupun mendaftar ditempat.

Saya didaulat untuk menjadi pembicara pertama pada kegiatan ini. Saya sendiri membawa topik mengenai fotografi industrial.Session1_018

Menjadi pembicara kedua pada acara ini adalah salah seorang fotografer senior di Indonesia, yaitu Indra Leonardi. Indra Leonardi yang namanya sudah dikenal tidak hanya didalam negeri, maupun diluar negeri. Sederet prestasi telah ditorehnya. Karya fotografi yang dihasilkannya menunjukan kelasnya tersendiri.

Session2_017
Indra Leonardi

 

Indra Leonardi berbagi pengalaman dia ketika menggunakan Canon EOS 5DS. Termasuk ketika dia memotret untuk proyek terbarunya, yaitu sebuah pameran di sebuah pusat perbelanjaan kelas atas di Jakarta.

Setelah Indra Leonardi, pada malam hari dilanjutkan dengan sesi presentasi dari Kevin Ou. Kevin Ou adalah seorang fotografer asal Singapura dan saat ini bermukin di Los Angeles.

Dalam karir fotografinya saat ini sudah menjangkau ranah internasional. Kevin saat ini fokus pada fashion photography, portraiture photography dan tentunya commercial photography.

Kevin tidak hanya berbagi mengenai portfolio karyanya, melainkan dia juga berbagi mengenai seluk beluk mengenai bagaimana caranya bisa mencapai apa yang dia serta para fotografer professional lain capai.

Bila ingin tau lebih banyak mengenai Kevin, silahkan klik disini.

Session3_016
Kevin Ou

 

Dibawah ini adalah beberapa dokumentasi dari kegiatan tersebut. Untuk dokumentasi lainnya dapat juga disimak disini.

Canon Grand Presentation Asia 2015 - JakartaCanon Grand Presentation Asia 2015 - JakartaCanon Grand Presentation Asia 2015 - Jakarta

Untuk materi presentasi saya dapat diunduh disini.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s