5 Tip Menjadi Fotografer Handal

Pada beberapa kesempatan, saya kerap mendapatkan pertanyaan dari beberapa kawan tentang bagaimana caranya menjadi seorang fotografer handal. Hmm, sesungguhnya itu adalah pertanyaan yang sangat sulit dijawab.

Mengapa demikian?

Karena walaupun profesi saya saat ini adalah sebagai seorang fotografer, saya belum berani mengkategorikan diri saya handal.

Namun demikian, saya coba berbagi beberapa hal yang menurut saya wajib dipenuhi untuk dapat menjadi seorang fotografer; profesional atau amatir.

TIP #1

Memotretlah dengan Kamera: Ya iyalah yah. Masa sih motret pakai wajan atau gayung. Anda bisa memotret pakai apa saja, bisa menggunakan kamera beneran (emang ada kamera jadi-jadian yah .. hehehehehe) atau kamera ponsel. Pokoknya pakai kamera. Kalau tidak punya kamera, ya bisa pinjam punya kawan (tapi jangan lupa dikembalikan dalam keadaan baik seperti waktu pinjam).

TIP #2

Jangan Tutup Mata: Nah, jangan protes. Masa iya sih, pas motret kita tutup mata. Kalau tutup mata jadinya kan kita ga bisa liat apa yang akan kita potret bukan?

TIP #3

Memory Card kosong dan Baterai penuh: Pastikan tidak terbalik yah. Jangan sampai Memory Card penuh dan Baterai kameranya kosong. Kalau sudah seperti itu, kan ga bisa motret bukan? Kalau misalkan baterai kameranya pas apes sedang kosong, coba aja baterainya dijemur dulu di atas atap seng pas ada matahari, barangkali aja bisa penuh lagi isi baterainya.

TIP #4

Jangan motret pas mati lampu: Iya bener ini. Coba saja motret pas gelap gulita tanpa ada secuilpun cahaya, pasti hasilnya gelap kan.

TIP #5

Jangan lupa buka tutup lensa: Nah, mungkin diantara anda pernah ngalamin hal seperti ini. Buru-buru ngejar moment, tapi pas mau jepret ternyata tutup lensa masih terpasang, kan jadi gagal motretnya.

Penjelasan diatas ini serius dan bila diabaikan bisa menyebabkan anda gagal sebagai seorang fotografer. Sederhana tapi bisa berakibat fatal bila diabaikan, bisa menyebabkan pacar/pasangan anda ngambek sepanjang hari, invoice anda tidak dibayar, nombok biaya produksi, dll.

Udah yah. Kira-kira demikian sharing saya kali ini. Terima kasih sudah capek-capek mampir ke blog ini. Semoga dapat bermanfaat bagi anda.

Silahkan dikomentari, syukur-syukur kalau mau ngasih informasi job motret juga 🙂

N.B.

Ini ada tambahan TIP #6 dari Ibu Marisa Tunjungsari:

#TIPS NO 6 Sering-sering push up dan diet, karena pada dasarnya fotografer sehandal apapun kalo dia buncit banget….susah buat jongkok dan ambil low angle.

Advertisements

12 thoughts on “5 Tip Menjadi Fotografer Handal

  1. Aku tambahin dong point

    #TIPS NO 6 : Sering-sering push up dan diet, karena pada dasarnya fotografer sehandal apapun kalo dia buncit banget….susah buat jongkok dan ambil low angle.

    Demikian….

    Like

      1. Bukaaaaan !!!! Itu bukan mitos !!!! Itu fakta yang tak terbantahkan Kak, coba saja disimak beberapa majalah pria yang aku sebagai covernya … #emangadayah

        Like

  2. Terimakasih Kak… Sharing ilmunya.
    Semoga aku bisa jadi fotografer seperti kak Ladung …

    Aku ukuran L ya Kak .. 😊

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s