Jambore Drone (Tidak Hanya) Nasional

Jambore Drone Nasional baru saja berakhir, tepatnya pada tanggal 20 Oktober 2018 hingga 21 Oktober 2018 yang lalu di Balikpapan. Sesuai tajuknya, kegiatan ini adalah sebuah hajatan besar oleh para penggemar dan praktisi wahana nirawak/drone/unmanned aircraft system di Indonesia.

Dan saya sangat bersyukur karena mendapatkan kepercayaan dari panitia untuk terlibat dalam hajatan tersebut, utamanya karena saya dapat bertemu dan berkenalan dengan kawan-kawan baru dari beragam daerah tersebut.

Poster Jambore Drone Nasional 2018

Hajatan skala Nasional, bahkan Internasional

Agaknya tidak berlebihan bila panitia kegiatan menggunakan tajuk Jambore Drone Nasional, karena para peserta yang menghadiri kegiatan tersebut berasal dari beberapa daerah di Indonesia, bahkan ada juga yang berasal dari Singapura.

Pada awalnya mungkin banyak yang pesimis terhadap pelaksanaan kegiatan tersebut, selain karena merupakan hajatan sejenis yang pertama di lakukan, juga karena lokasi pelaksanaan yang berada di luar Pulau Jawa.

Terdapat lebih dari 86 peserta yang terdaftar secara online dan ketika pelaksanaan kegiatan ada tambahan lagi yang mendaftar di tempat, sehingga terdapat 92 orang peserta yang hadir.

Angka tersebut menurut saya sungguh sangat luar biasa, karena beberapa hal:

  • Ini adalah kegiatan pertama sejenis yang dilakukan
  • Waktu persiapan oleh panitia yang lumayan mepet
  • Materi publikasi dan promosi yang belum maksimal
  • Lokasi pelaksanaan kegiatan yang berada di luar Pulau Jawa
  • Waktu pelaksanaan yang mulai memasuki periode musim hujan

Dengan fakta tersebut, mengumpulkan lebih dari 90 orang untuk mengikuti Jambore Drone Nasional ini tentu patut mendapatkan standing ovation bagi para panitia, terlebih di luar Pulau Jawa.

Animo serta semangat yang berasal dari kota Balikpapan sungguh membesarkan hati dan menunjukan betapa para penggemar kegiatan wahana nirawak di Indonesia sungguh luar biasa. Luar biasa karena kegiatan ini berlangsung di luar Pulau Jawa.

Selain dari daerah-daerah di Indonesia, ternyata juga ada seorang peserta yang hadir langsung dari Singapura untuk mengikuti Jambore Drone Nasional kali ini. Hal tersebut menurut saya sungguh spesial pada perhelatan perdana kali ini.

Kegiatan Jambore Drone Nasional 2018

Pembukaan kegiatan dilakukan pada salah satu lokasi pantai yang terdapat di kota Balikpapan, oleh Wakil Walikota Balikpapan yang diawali dengan pidato sambutan dari Kepala Dinas Pariwisata kota Balikpapan sebagai sponsor utama dan tuan rumah kegiatan Jambore Drone Nasional tahun 2018.

Selain lomba video drone, juga dilakukan sharing session oleh beberapa pihak terkait dengan regulasi penerbangan, keselamatan pengoperasian drone, seluk beluk tenik perawatan drone, dll.

Dalam lomba video yang diadakan, para peserta diwajibkan untuk merekam objek wisata yang terdapat di kota Balikpapan dan sekitarnya yang telah ditentukan oleh panitia. Dan hasil video oleh para peserta lomba juga sangat kompetitif

Sebagai sebuah kegiatan pertama, tentu ada banyak hal yang perlu ditingkatkan pada pelaksanaan kegiatan sejenis di masa yang akan datang. Namun, pelaksanaan Jambore Drone Nasional tahun 2018 ini sungguh sebagai sebuah permulaan yang amat sangat baik.

Sebuah inisiatif dari komunitas dan untuk komunitas. Dan walau dengan persiapan dan dukungan yang sederhana, kawan-kawan panitia di Balikpapan telah sukses menyelenggarakan kegiatan Jambore Drone Nasional 2018 ini.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin di Indonesia dan dapat pula dilaksanakan di tempat lainnya, sehingga komunitas penggemar drone di Indonesia sungguh dapat juga memberikan kontribusi positif kepada daerahnya, termasuk memberi edukasi mengenai seluk beluk pemanfaatan wahana nirawak dengan lebih bertanggung-jawab lagi.

Silahkan mampir juga ke Instagram 😁

Salam Satu Langit !!!

Advertisements

8 thoughts on “Jambore Drone (Tidak Hanya) Nasional

  1. Dan kami nggak nyesel ke Balikpapan!!!
    Seru banget bisa ngapalin jalan. Explor motoran dr ujung ke ujung. Eh meski kerdus drone pke acara ketinggal segala d bandara ahahahaha

    Like

  2. Sharing is caring. Guru terbaik adalah pengalaman, dan selama mengikuti Jambore Drone Nasional 2018 ini saya mendapatkan banyak sekali pengalaman terutama dari para panitia, juri, para drone master dan juga teman-teman yang tergabung dalam komunitas.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.