Bisnis Fotografi Industrial dan Korporat, Ini Caranya

Senang sekali rasanya pada hari ini (Sabtu, 27 Februari 2021) saya mendapatkan kesempatan untuk ngobrol santai dengan kawan-kawan penggemar fotografi yang berasal dari Keluarga Besar Alumni Universitas Gajah Mada (KAGAMA).

Ketika saya dihubungi oleh Mas Purwanto Nugroho pertama kali, saya lumayan terkejut, karena saya bukan lulusan Universitas Gajah Mada. Mas Pur adalah salah seorang kawan saya yang multi talenta, selain sebagai praktisi keamanan Teknologi Informasi yang sudah sudah berkarir sampai ke Houston, Texas di Amerika Serikat, Mas Pur juga adalah seorang fotorgafer underwater yang foto-fotonya luar biasa memukau. Tidak hanya sampai disitu, karya Mas Pur dalam bisa musik juga telah membawanya sampai ke ajang pentas musik Jazz di Amerika dan Indonesia, salah satunya seperti Java Jazz Dari diskusi dengan Mas Pur, yang juga merupakan lulusan Universitas Gajah Mada, saya lantas memutuskan mengambil tema Deep Dive into Photography for Corporate segment.

Pada kesempatan ini saya diminta untuk berbagi pengalaman dan informasi tentang bagaimana seluk beluk kegiatan fotografi komersial, khususnya dalam genre yang saya tekuni sebagai sebuah profesi, yaitu industrial & corporate photography.

Pemilihan tema itu bukan tanpa sebab. Sebenarnya saya sudah lama ingin berbagi informasi tentang hal ini. Karena menurut saya, konten yang mengupas tuntas tentang hal itu masih sedikit sekali. Mungkin bisa jadi karena genre industrial dan korporat tidak terlampau menarik buat banyak orang, atau bahkan sebenarnya menarik, tapi tidak banyak yang ingin serius fokus ke dalam genre tersebut.

Selain itu juga, sebagai orang yang memilih untuk fokus pada genre industrial dan korporat, saya merasa punya tanggung-jawab moral untuk mengadvokasi profesi saya tersebut. Bahwa kegiatan memotret pada genre indsutrial dan korporat itu sungguh tidak sekedar jepret.

Dan berikut adalah beberapa kutipan dari materi saya pada hari ini.

Buat kawan-kawan yang terlewatkan diskusi pada hari ini, mungkin nanti dapat menyimak rekamannya pada kanal KAGAMA yang di YouTube dan juga di Facebook.

Saya menghaturkan terima kasih kepada Mas Purwanto Nugroho, Pak Anwar Sanusi (Wakil Ketua Umum 2 KAGAMA & Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia), Mas Adi Mustika (Ketua Panitia), segenap keluarga besar KAGAMA dan tentunya juga kepada kawan-kawan yang sudah menyempatkan diri untuk mengikuti seluruh rangkaian diskusi pada hari ini.

Dan berikut adalah dokumentasi diskusi pada hari ini.

Materi saya dapat diunduh disini. Silahkan digunakan dan disebarluaskan sebagaimana mestinya. Semoga diskusi pada hari ini dapat bermanfaat buat semuanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.